InfoTekno

5 Aplikasi Meeting Online Terbaik Alternatif Selain Zoom

Rekomendasi 5 Aplikasi Meeting Online Terbaik Gratis Alternatif Selain Zoom – Sejalan dengan himbauan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk Phsycal Distancing, membuat aplikasi meeting online semakin ramai digunakan. Penggunanya kebanyakan dari kaum pekerja dan pelajar yang masih harus menjalankan kewajibannya di tengah pandemi corona ini. Mereka tetap bisa mengadakan rapat untuk membahas hal-hal terkait pekerjaan dan tugas sekolah menggunakan aplikasi rapat virtual.

Bahkan, masyarakat yang tidak ada kaitannya dengan tugas sekolah dan pekerjaan pun mulai menggunakan aplikasi meeting online untuk sekedar bersosialisasi dengan teman. Salah satu aplikasi video conference yang tengah populer saat ini adalah Zoom. Hal itu dikarenakan Zoom memiliki kelebihan yang cukup menarik dengan versi gratisnya.

Akan tetapi, belakangan ini aplikasi Zoom diterpa isu miring terkait masalah keamanan yang membahayakan penggunanya. Nah, untuk Anda yang ingin mengadakan rapat virtual namun khawatir privasi terganggu jika menggunakan Zoom. Tenang, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi meeting online terbaik alternatif selain Zoom. Apa saja itu? Silahkan simak daftarnya di bawah ini.

Aplikasi Meeting Online Terbaik Gratis selain Zoom

Seperti yang kita ketahui, masalah keamanan pada aplikasi Zoom sedang dipermasalahkan saat ini. Dikabarkan, Zoom membeberkan data penggunanya ke media sosial tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri. Tak hanya itu saja, masih banyak kejadian-kejadian lain yang membuat privasi pengguna terganggu. Sebenarnya ada banyak aplikasi meeting online gratis selain Zoom, hanya saja mungkin Anda masih kurang familiar. Namun, tentu saja sangat bisa Anda coba. Berikut adalah daftar aplikasinya :

1. Google Meet Hangouts

Rekomendasi aplikasi meeting online terbaik selain Zoom yang pertama adalah produk besutan Google yaitu Google Meet Hangouts. Siapa yang tidak mengenal keamanan dari Google, sejauh ini produk-produknya sudah dilengkapi fitur keamanan terbaik untuk melindungi data-data pengguna. Begitupun untuk Google Meet, mereka memakai sistem keamanan berbasis enkripsi end-to-end yang membuat data pribadi pengguna akan tetap aman.

Selain itu, kelebihan dari Google Meet Hangouts yang lainnya adalah mampu menampung hingga 250 orang dalam satu sesi video konferensi dan dapat ditonton oleh 100 ribu orang sekaligus. Dikarenakan aplikasi ini terhubung secara langsung dengan akun Google lainnya, memudahkan setiap orang untuk mengundang peserta lainnya. Google Meet Hangouts juga dihadirkan secara gratis oleh Google di tengah pandemi ini.

2. Skype

Skype merupakan aplikasi panggilan video yang dapat digunakan untuk video meeting conference online hingga antarnegara. Aplikasi ini bisa didownload di PC/laptop dan ponsel Anda. Pengguna Skype dari seluruh dunia sudah mencapai 250 juta orang, jadi sangat terpercaya dan aman digunakan untuk rapat perusahaan sekalipun.

Fitur-fitur menarik didalamnya seperti layanan panggilan suara, kirim pesan, serta mendukung panggilan video lintas platform. Sayangnya, batasan peserta yang dapat mengikuti rapat secara bersamaan dibatasi hanya sebanyak 25 orang saja. Namun, jumlah tersebut sudah sangat cukup untuk mengadakan rapat dalam skala menengah.

3. Cisco Webex

Mungkin aplikasi meeting online yang satu ini terdengar sedikit asing untuk Anda, memang karena jarang dipakai dan dikenakan biaya berlangganan untuk menggunakannya. Namun khusus di tengah pandemi corona, aplikasi Cisco Webex memberikan versi gratis. Dengan versi gratisnya, rapat virtual dapat dihadiri hingga 100 peserta dan tanpa ada batasan waktu. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi layar kepada peserta rapat lain.

4. Google Duo

Berikutnya kembali rekomendasi aplikasi meeting online milik Google yakni Google Duo. Aplikasi ini biasanya dikenal untuk melakukan video call dua orang saja, tetapi sebenarnya fungsinya lebih dari itu. Google Duo mampu menampung hingga 12 partisipan dalam satu sesi panggilan video. Hanya saja, jenis perangkat yang support sangat terbatas yaitu hp android, iPhone, dan tablet saja. Untuk laptop dan PC sampai saat ini belum dapat menggunakan Google Duo.

5. WhatsApp

Mungkin aplikasi yang satu ini paling familiar di telinga Anda karena hampir di setiap smartphone terinstal WhatsApp. Anda bisa menggunakan WhatsApp untuk mengadakan pertemuan virtual dengan rekan kerja atau teman sekolah Anda. Untuk cara pengoperasiannya pun tergolong mudah, Anda pasti sudah sangat familiar dengan menu-menu di dalam aplikasi WhatsApp.

Saat ini, Whatsapp mampu menampung hingga 8 orang sekaligus dalam suatu rapat online. Jumlah tersebut tidak bisa dibilang banyak, tapi sudah cukup untuk meeting dalam skala kecil. Apalagi kelebihan aplikasi ini gratis, jadi Anda tidak bisa meminta fitur tinggi tanpa membayar seperti aplikasi-aplikasi lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi meeting online gratis terbaik selain Zoom yang bisa Anda gunakan untuk rapat. Sebenarnya, masih banyak aplikasi lain yang aman dan terpercaya, namun rata-rata hanya tersedia versi berbayarnya. Tentu saja Anda lebih menginginkan versi gratis kan? Untuk itu kami menyeleksi alternatif terbaik yang tidak menguras kantong Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terus produktif meskipun di rumah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!