LinkAjaTutorial

Cara Transfer Saldo LinkAja ke Rekening Bank

Cara Transfer Mencairkan Saldo LinkAja ke Rekening Bank – LinkAja merupakan layanan keuangan digital milik BUMN yang dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi secara online. Sama seperti dompet digital lain, LinkAja juga memiliki fungsi untuk melakukan transfer uang, membayar tagihan listrik, membeli voucher game, hingga membeli pulsa.

Dahulu sewaktu masih dipegang penuh oleh Telkomsel, LinkAja hanya bisa dipakai oleh para pengguna provider Telkomsel saja. Namun setelah berganti nama, e-wallet tersebut mulai bisa dipakai oleh seluruh pengguna provider manapun. Ada beragam fitur menarik yang ditawarkan oleh LinkAja, salah satunya adalah transfer uang dari LinkAja ke rekening bank pribadi.

Untuk penarikan saldo LinkAja ke rekening bank yang termasuk ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) tidak dikenai biaya alias gratis, sedangkan transfer ke bank selain Himbara dikenakan biaya atau fee sebesar Rp6.500. Bank-bank yang termasuk ke dalam Himbara diantaranya adalah bank Mandiri, bank BNI, bank BRI, serta bank BTN. Jadi, apabila Anda merupakan nasabah dari keempat bank tersebut maka Anda akan mendapat keuntungan bebas biaya tarik tunai.

Selain itu, untuk mencairkan saldo LinkAja ke rekening bank, terlebih dulu akun LinkAja Anda harus diupgrade ke layanan Full Service. Selain bisa melakukan tarik tunai, upgrade LinkAja ke full service juga menawarkan fitur menarik lainnya seperti bisa mengirim uang langsung ke sesama pengguna LinkAja dan batas maksimum penyimpanan saldo akan ditingkatkan menjadi Rp10.000.000. Untuk panduan lengkap tentang cara tarik saldo LinkAja ke rekening bank, silahkan simak ulasannya di bawah.

Cara Transfer Saldo LinkAja ke Rekening Bank

Untuk cara menarik uang di LinkAja ke rekening bank prosesnya sangat mudah dan cepat, hanya dalam hitungan menit saja dapat dipastikan dana mendarat mulus di akun bank Anda. Langkah-langkah penarikan dana dimulai dengan mengupgrade akun LinkAja ke layanan full service seperti yang dibahas lengkap berikut ini.

1. Upgrade LinkAja ke Full Service

  • Buka aplikasi LinkAja di smartphone Anda.
  • Kemudian pilih menu Kirim Uang.
  • Lalu tekan tombol Upgrade Sekarang.
  • Selanjutnya, siapkan e-KTP asli Anda dan tap Ambil Foto. Pastikan foto e-KTP tepat berada di kotak yang tersedia dan informasi pada e-KTP terlihat jelas tanpa ada gangguan seperti pantulan cahaya maupun bayangan.
  • Setelah itu, isi formulir berupa nomor e-KTP dan nama ibu kandung Anda dengan tepat. Jika sudah, tap Lanjut.
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk mengambil foto wajah (selfie). Jika sudah siap, klik Ambil Foto.
  • Terakhir, Anda tinggal menunggu proses upgrade selesai yang maksimal berlangsung dalam waktu 1×24 jam (biasanya lebih cepat).

Jika proses upgrade berhasil, akan ada pesan notifikasi masuk dari LinkAja. Setelah itu, Anda sudah bisa melakukan penarikan dana ke rekening bank. Caranya sangat mudah sekali, yakni sebagai berikut.

2. Tarik Saldo LinkAja ke Rekening Bank

Setelah proses upgrade LinkJa Full Service berhasil, sekarang Anda sudah bisa withdraw saldo LinkAJa ke rekening bank. Anda bisa transfer uang di saldo LinkAja ke banyak bank, antara lain ke bank BCA, BNI, BRI, Mandiri dan masih banyak lagi. Berikut caranya :

#1. Buka aplikasi LinkAja melalui smartphone Anda. Kemudian tap menu Kirim Uang.

Kirim Uang LinkAja

#2. Lalu pilih Rekening Bank.

WD LinkAja ke Rekening Bank

#3. Selanjutnya, pilih bank tujuan penarikan. Setelah itu, isi nomor rekening bank Anda. Jika sudah, tekan Lanjut.

Mencairkan saldo LinkAja ke Bank

#4. Berikutnya, masukkan nominal saldo LinkAja yang ingin dikirim ke rekening bank (minimal pencairan Rp10.000). Anda bisa juga menambahkan catatan transaksi melalui opsi Tambah Catatan Transaksi. Lalu, klik ceklist berwarna merah.

Tarik saldo LinkAja ke Bank

#5. Di halaman selanjutnya akan ditampilkan preview penarikan yang hendak Anda lakukan. Pastikan nomor rekening dan nominal transfer sudah benar, setelah itu tap Konfirmasi.

#6. Terakhir, masukkan kode PIN akun LinkAja Anda dan tunggu hingga transaksi selesai.

Untuk proses saldo masuk ke rekening bank, umumnya memakan waktu beberapa menit saja atau instan. Namun, jika sedang ada gangguan dari pihak bank ataupun LinkAja kemungkinan terjadi keterlambatan.

Kenapa Gagal Mencairkan Saldo LinkAja?

Ada banyak orang yang menanyakan proses withdraw atau mencairkan saldo LinkAja ke rekening bank gagal, apa penyebabnya? Ada dua faktor penyebab kegagalan transfer, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal, disebabkan karena kesalahan memasukkan nominal transfer. Ingat! untuk penarikan ke selain Himbara dikenakan biaya sebesar Rp6.500. Jadi, jika saldo Anda di LinkAja tersedia senilai Rp100.000 maka Anda harus memasukkan nominal transfer maksimal sebesar Rp93.500. Jika salah memasukkan jumlah transfer, maka transaksi akan gagal.

Selain itu ada juga faktor eksternal, yakni server sedang mengalami gangguan. Seperti yang kita ketahui, LinkAja baru dioperasikan di tahun 2019 yang lalu. Jadi, diperlukan perbaikan dan maintenance server supaya menjadi lebih baik lagi. Solusinya adalah Anda bisa melakukan penarikan uang di hari berikutnya.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas seputar cara transfer saldo LinkAja ke rekening bank, entah itu bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, Danamon, Bukopin, dan lain sebagainya. Semoga penjelasan kali ini bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik oleh rekan pembaca semua.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button