ShopeePayTutorial

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater – Shopee sepertinya tidak henti-hentinya memanjakan pengguna setianya, setelah kembali menghadirkan fitur baru dengan konsep pinjaman online yang diberi nama ShopeePayLater. Dengan menggunakan ShopeePayLater, pengguna bebas mencicil produk yang tersedia di marketplace Shopee dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

ShopeePayLater ini menawarkan berbagai macam manfaat, diantaranya bunga 0% jika memilih cicilan selama 1 bulan, tersedia beberapa metode pembayaran untuk membayar tagihan, hingga limit kredit yang diberikan mencapai Rp 750.000 bahkan lebih. Namun pada artikel kali ini tidak akan dijelaskan secara panjang lebar mengenai kelebihan ShopeePayLater dibandingkan PayLater yang lain lain seperti OVO PayLater, GoPay PayLater, DANA PayLater. Melainkan disini akan diberikan panduan lengkap bagaimana cara membayar tagihan ShopeePayLater. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Kapan Tagihan ShopeePayLater Muncul?

Sebelum melakukan proses pelunasan atau pembayaran tagihan, pastinya Anda terlebih dahulu harus mengetahui waktu tagihan muncul di aplikasi Shopee. Nah, jadi tagihan cicilan ShopeePayLater sudah mulai bisa Anda lihat di akun Shopee Anda setiap tanggal 25 di setiap bulannya. Sementara untuk batas pembayaran ShopeePayLater paling telat adalah tanggal 5 bulan berikutnya.

Sebagai contoh, Anda mencicil barang di Shopee pada tanggal 15 Januari 2022, maka tagihan baru akan muncul di akun ShopeePayLater Anda pada tanggal 25 Januari 2022. Sedangkan batas waktu pembayaran terakhir ada di tanggal 5 Februari 2022. Ketentuan mengenai batas waktu ini bisa berubah sewaktu-waktu, untuk itu silahkan pantau terus ketentuan penggunaan ShopeePayLater Anda.

Untuk tagihan dari ShopeePay Later bisa Anda cek dengan cara masuk ke menu Saya > ShopeePayLater > Tagihan Saya. Disana akan tertera secara lengkap berapa tagihan cicilan yang harus Anda bayarkan ke Shopee pada bulan tersebut. Setelah mengetahui berapa nominal tagihan yang harus dibayar, tahap selanjutnya adalah proses pembayaran tagihan.

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater

Untuk tahapan pembayaran tagihan ShopeePayLater sebenarnya hampir mirip ketika Anda melakukan pembelian produk di Shopee. Metode pembayaran yang bisa Anda gunakan juga lumayan banyak, diantaranya ShopeePay, rekening bank yang meliputi bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, serta Anda juga bisa membayar melalui retail Indomaret/i.saku. Berikut adalah tata cara pembayaran tagihan Shopee PayLater:

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda
  2. Klik menu Saya, lalu pilih opsi ShopeePayLater
  3. Selanjutnya klik Bayar Sekarang.
  4. Lalu klik tagihan yang perlu dibayar
  5. Klik lagi Bayar Sekarang
  6. Setelah itu, pilihlah metode pembayaran yang Anda inginkan. Jika memilih metode pembayaran ShopeePay ataupun transfer bank, maka tagihan Anda secara otomatis lunas dalam waktu maksimal 10 menit setelah pembayaran sukses. Bila memilih opsi pembayaran Indomaret/i.saku, maka tagihan akan lunas setelah Anda menyelesaikan pembayaran di gerai Indomaret.

Cara Bayar ShopeePayLater Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Walaupun belum mencapai tanggal 25 di setiap bulannya atau belum memasuki tanggal jatuh tempo, Anda tetap bisa membayar tagihan ShopeePayLater dengan catatan status pesanan Anda sudah selesai. Bahkan sangat dianjurkan untuk melakukan pembayaran di awal waktu guna mengantisipasi keperluan mendadak yang imbasnya penundaan pembayaran. Berikut adalah panduan cara bayar tagihan ShopeePayLater sebelum waktu jatuh tempo:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda
  2. Kemudian klik menu Saya, lalu pilih ShopeePayLater
  3. Klik Tagihan Saya
  4. Selanjutnya, silahkan pilih tagihan yang akan dibayar
  5. Klik Lunasi Cicilan Sekarang
  6. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang diinginkan diantaranya ShopeePay, transfer bank (virtual account), serta Indomaret.
  7. Terakhir, tekan tombol Konfirmasi.

Sama halnya seperti pinjaman-pinjaman online lainnya, bila terjadi keterlambatan pembayaran maka Shopee akan memberikan sanksi kepada penggunanya. Adapun sanksi yang dikenakan beraneka macam, tergantung dari berapa lama durasi tunggakan si pengguna.

Jika telat bayar ShopeePayLater, akan dikenakan denda 5% dari total tagihan. Selain itu, Anda tidak dapat lagi melakukan checkout atau berbelanja menggunakan ShopeePayLater sampai tagihan Anda terbayarkan. Terlambat membayar juga mempengaruhi limit kredit ShopeePayLater Anda (jumlahnya tidak akan bisa ditambah).

Di beberapa kasus bahkan sampai terjadi pembekuan akun Shopee, pembatasan voucher Shopee, tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) serta OJK (Otoritas Jasa Keuangan), bahkan sampai didatangi langsung oleh petugas penagihan lapangan atau biasa disebut debt collector.

Tentunya Anda tidak mau bukan didatangi oleh petugas debt collector ShopeePayLater? Untuk itu, pastikan agar selalu membayar tagihan tepat waktu dan jangan ditunda-tunda kalau memang sedang ada uang. Kalau terlanjur terkena denda karena terlambat membayar, Anda bisa membayar denda berbarengan dengan membayar tagihan. Jadi, bila tagihan ShopeePayLater Anda sebesar 200 ribu dan denda senilai 10 ribu, maka Anda harus langsung membayar sebesar 210 ribu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara membayar tagihan Shopee PayLater, semoga bisa membantu Anda para pengguna ShopeePayLater. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk mengajukannya melalui kolom komentar yang ada di bawah dan kami akan menjawabnya secepat yang kami bisa.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!