Tutorial

Cara Memberi Ulasan Rating Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Cara Memberi Ulasan Rating Pelatihan Prakerja di Tokopedia – Tokopedia menjadi salah satu mitra program kartu prakerja yang diusung oleh pemerintah. Peran toko online yang satu ini adalah menghubungkan peserta dengan website atau aplikasi pelatihan daring yang telah disediakan oleh program prakerja. Jadi, untuk bisa mengikuti dan membeli kursus online, peserta diwajibkan untuk mengaksesnya melalui Tokopedia.

Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan online, peserta berhak memperoleh dana insentif senilai total Rp 3.550.000. Jumlah tersebut dibagi ke dalam 3 kategori bantuan, yakni dana pelatihan sebesar Rp 1.000.000, dana pasca pelatihan mencapai total Rp 2.400.000, dan insentif penyelesaian survei senilai Rp 150.000.

Namun perlu diketahui, peserta tidak bisa langsung memperoleh dana bantuan sesaat setelah menyelesaikan pelatihan. Untuk bisa mencairkan insentif kartu prakerja, peserta terlebih dahulu harus sudah mempunyai sertifikat menyelesaikan pelatihan dan telah memenuhi 5 syarat yang berlaku. Diantara syarat tersebut adalah telah memberi ulasan serta rating terhadap lembaga pelatihan dan sudah memberi penilaian ke mitra prakerja, dalam hal ini Tokopedia.

Nah, bagi Anda peserta prakerja yang mengikuti pelatihan melalui Tokopedia, di bawah ini akan kami sajikan tahapan cara memberikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan prakerja di Tokopedia.

Cara Memberi Rating Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Sebelum memberi rating terhadap lembaga pelatihan, pastikan Anda memberikan penilaian secara objektif. Katakan bagus jika memang kualitasnya bagus dan jangan ragu untuk mengkritiknya jika memang diperlukan. Sebab, fungsi ulasan dan rating itu sendiri adalah untuk membantu membuat keputusan bagi orang lain yang tertarik dengan pelatihan yang sama dengan Anda. Dengan Anda memberikan opini jujur, maka tidak hanya orang lain yang akan terbantu, lembaga pelatihan pun bisa semakin meningkatkan pelayanannya dari hasil penilaian Anda.

Selain itu perlu diketahui juga, pemberian rating dan ulasan dilakukan sebanyak dua kali. Pertama melalui halaman website atau aplikasi Tokopedia dan yang kedua melalui lembaga tempat pelatihan, contohnya Skill Academy.

Berikut ini adalah tata cara memberi ulasan di Tokopedia prakerja:

  1. Silahkan buka Tokopedia melalui halaman website ataupun aplikasinya langsung. Setelah itu, lakukan login menggunakan akun Tokopedia yang sama ketika Anda membeli pelatihan.
  2. Setelah berada di dalam akun, klik menu Akun.
  3. Kemudian di bagian Daftar Transaksi, silahkan Anda pilih menu Top-up & Tagihan.
  4. Pilih produk pelatihan prakerja Anda.
  5. Lalu klik Tulis Ulasan di transaksi kartu prakerja Anda.
  6. Isi ulasan beserta rating hingga muncul pop-up yang berisikan bahwa tulis ulasan berhasil.
  7. Selanjutnya, Tokopedia akan mengumpulkan data penyelesaian program kartu prakerja setiap pukul 18:00 WIB di hari kerja.
  8. Setelah laporan tanda penyelesaian pelatihan diterima oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, maka laporan tersebut akan segera diproses dalam waktu 7 x 24 jam hari kerja.
  9. Terakhir, pihak Manajemen Pelaksana akan memperbarui link sertifikat peserta di halaman dashboard kartu prakerja.

Seperti itulah kira-kira tahapan memberi ulasan pelatihan prakerja di Tokopedia, sangat mudah dan praktis sekali bukan? Namun, masih ada saja peserta yang mengalami kendala gagal memberi ulasan atau mungkin Anda salah satunya. Nah, dibawah ini telah kami hadirkan solusi untuk mengatasi gagal memberi ulasan di Tokopedia prakerja.

Cara Mengatasi Gagal Memberi Ulasan di Tokopedia Kartu Prakerja

Walaupun caranya mudah, kenyataannya masih banyak orang yang tidak bisa memberikan ulasan dan rating pelatihan prakerja di Tokopedia. Tentu hal ini menjadi masalah serius, pasalnya seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa pemberian ulasan serta rating menjadi salah satu syarat utama untuk mencairkan insentif.

Jika Anda mengalami kendala ketika menekan tombol kirim ulasan dan malah muncul keterangan “Tulis Ulasan Gagal”, maka silahkan tunggu beberapa saat dan dicoba kembali. Namun, jika sudah berungkali mencoba dan hasilnya tetap sama maka diingat lagi apakah Anda sudah pernah menulis ulasan sebelumnya. Sebab, berdasarkan informasi resmi dari Tokopedia, Anda hanya diizinkan untuk memberi ulasan dan rating sekali saja.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan akun Tokopedia yang sama ketika membeli kelas pelatihan online. Sebab, jika Anda memakai akun lain dengan email yang berbeda tentunya fitur Tulis Ulasan tidak akan muncul. Untuk itu, perhatikan baik-baik akun Tokopedia yang Anda gunakan untuk membeli dan memberikan rating terhadap lembaga pelatihan.

Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara memberi ulasan rating pelatihan prakerja di Tokopedia, semoga dapat dipahami dengan baik dan bisa membantu Anda semua. Jika ada yang ingin ditanyakan, langsung ajukan saja melalui kolom komentar yang terletak di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!