OVOTutorial

Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja ke OVO

Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja ke OVO – OVO menjadi salah satu mitra pembayaran dalam program kartu prakerja yang diusung oleh pemerintah untuk membantu meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia. Para peserta yang telah mendaftar program kartu prakerja dan dinyatakan lolos seleksi, berhak untuk mendapatkan bantuan dana berupa biaya pelatihan dan insentif yang dapat dicairkan menjadi uang.

Biaya pelatihan yang akan diberikan nilainya Rp 1.000.000 yang hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan atau kursus yang telah disediakan oleh program prakerja. Sementara insentif yang bisa didapatkan peserta yang telah menyelesaikan pelatihan, terdiri dari insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, serta insentif survei senilai Rp 50.000 sebanyak 3 kali.

Untuk menyalurkan bantuan dana tersebut, pemerintah telah bekerjasama dengan beberapa lembaga, baik yang bersifat offline maupun digital. Untuk lembaga offline, peserta bisa mencairkan insentif prakerja lewat bank BNI. Sedangkan platform pembayaran digital yang bisa digunakan untuk memproses insentif, diantaranya OVO, GoPay, dan LinkAja. Dana yang telah diterima ke akun e-wallet, dapat ditransfer ke rekening bank peserta.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara mencairkan insentif kartu prakerja ke OVO. Nah, buat Anda yang berniat menggunakan OVO sebagai metode pencairan insentif prakerja, bisa disimak panduan lengkapnya di bawah.

Syarat Mencairkan Insentif Prakerja Lewat OVO

Sebelum dapat mencairkan insentif prakerja ke OVO, peserta terlebih dulu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan program ini. Adapun persyaratannya, dapat dilihat di bawah ini.

1. Telah menyelesaikan pelatihan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menyelesaikan pelatihan. Sebab, tujuan utama dari program ini adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat Indonesia. Untuk itu, pastikan Anda telah menyesaikan pelatihan online yang Anda pilih sebagai syarat memproses insentif. Jika Anda belum menyelesaikannya, maka Anda belum bisa memperoleh bantuan dana.

2. Telah memberikan ulasan dan rating

Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda wajib memberikan penilaian berupa ulasan serta rating kepada lembaga pelatihan yang Anda pilih. Penilaian bisa Anda berikan melalui website resmi lembaga pelatihan dan tempat Anda membeli pelatihan, seperti Tokopedia. Setelah memberikan penilaian, maka Anda akan mendapatkan sertifikat tanda menyelesaikan pelatihan dan setelah itu insentif prakerja pun bisa dicairkan.

3. Akun OVO telah diupgrade

Untuk bisa menarik insentif kartu prakerja dari OVO ke rekening bank, maka diperlukan upgrade akun OVO ke Premier. Cara upgradenya sendiri sangat mudah, dimana Anda hanya perlu memfoto KTP asli beserta foto selfie dengan memegang KTP. Apabila akun OVO telah terverifikasi menjadi OVO Premier, Anda dapat mengirimkan uang insentif ke rekening bank Anda.

Cara Mencairkan Dana Kartu Prakerja ke OVO

Untuk mencairkan insentif prakerja ke OVO caranya sangat mudah dan praktis sekali. Setelah dirasa Anda memenuhi ketiga persyaratan di atas, maka langkah selanjutnya adalah memilih platform yang diinginkan untuk pengiriman dana bantuan kartu prakerja, dalam hal ini silahkan pilih OVO.

Selanjutnya, pengiriman insentif akan disalurkan ke akun OVO yang telah Anda pilih dan tambahkan di dashboard akun prakerja. Seperti itulah tahapan pencairan dana prakerja via OVO, sangat mudah sekali bukan? Buat Anda yang ingin mencairkan insentif dari OVO ke rekening bank, silahkan ikuti panduan di bawah.

  • Buka aplikasi OVO kemudian pilih menu Transfer
  • Pilih transfer Ke Rekening Bank
  • Masukkan bank tujuan pengiriman saldo, nomor rekening, sumber dana, serta nominal transfer yang diinginkan. Anda bisa juga mengisi kolom pesan jika diperlukan, bila sudah klik Lanjutkan
  • Isi kode PIN akun OVO Anda untuk menyelesaikan transaksi.

Penyebab Saldo Prakerja Tidak Masuk ke OVO

Banyak keluhan dari peserta program kartu prakerja terkait kenapa insentif prakerja belum masuk ke OVO atau insentif berhasil tapi belum masuk OVO. Disini akan dijelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

1. Tidak sabar

Penyaluran insentif sendiri memakan waktu beberapa hari atau bahkan minggu dikarenakan banyaknya peserta yang juga telah menyelesaikan pelatihan. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut supaya bantuan dana jatuhnya tepat sasaran. Kebanyakan peserta tidak sabar menunggu insentif masuk, padahal wajar menunggu beberapa hari.

2. Nomor HP di OVO dan Prakerja tidak sama

Laman resmi OVO sendiri mengumumkan bahwa nomor telepon yang terdaftar di kartu prakerja harus sama dengan yang terdaftar di akun OVO. Jika berbeda, maka dapat dipastikan Anda tidak akan menerima insentif.

3. Telpon CS

Jika dirasa kedua penyebab di atas tidak Anda alami, maka jalan satu-satunya adalah dengan menghubungi call center resmi OVO ataupun prakerja. Anda bisa menjelaskan masalah Anda kepada CS, sambil berharap masalah tersebut dapat diselesaikan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mencairkan insentif kartu prakerja ke OVO, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan, sampaikan saja melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button