GOPAYTutorial

Cara Mencairkan Dana Insentif Prakerja Melalui GoPay

Cara Mencairkan Dana Insentif Prakerja Melalui GoPay – Program kartu prakerja merupakan suatu inisiatif dari pemerintah untuk mendukung pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Nantinya, para peserta prakerja akan mendapatkan biaya pelatihan dan insentif yang bisa dicairkan. Bantuan dana dari program ini antara lain Rp 1.000.000 untuk membayar biaya pelatihan, Rp 600.000 yang diberikan selama 4 x sebagai insentif pasca pelatihan, serta Rp 150.000 setelah berhasil menyelesaikan survei.

Uang tersebut yang bisa dicairkan hanyalah dana insentif pasca pelatihan dan komisi hasil penyelesaian survei. Untuk cara mencairkan insentif prakerja, ada beberapa lembaga atau aplikasi yang telah bekerjasama dengan program ini, salah satunya adalah GoPay. Seperti yang kita kenal, GoPay merupakan suatu aplikasi dengan berbagai macam layanan dengan layanan utamanya berupa ojek online.

Bagi para peserta program kartu prakerja yang sekaligus menjadi mitra GoJek, bisa mencairkan insentif prakerja ke akun e-wallet GoPay dengan menggunakan alamat email dan nomor ponsel yang terdaftar di GoJek ketika mendaftar program prakerja. Selain itu, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi pengguna untuk bisa mencairkan insentif prakerja lewat GoPay.

Syarat Mencairkan Kartu Prakerja Lewat GoPay

1. Sudah menyelesaikan pelatihan

Tujuan utama dari program ini adalah memberikan pelatihan kepada para peserta. Untuk itu, sebelum bisa menerima insentif dari kartu prakerja pastikan Anda telah menyelesaikan pelatihan yang Anda pilih. Pelatihan telah selesai ditandai dengan sertifikat yang diberikan dari tempat pelatihan.

2. Telah memberikan ulasan dan rating

Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan, salah satu syarat untuk memperoleh sertifikat adalah dengan memberikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan yang Anda pilih. Anda tidak akan bisa mencairkan insentif prakerja jika belum memberikan penilaian. Untuk Anda yang belum mengetahui cara memberi ulasan dan rating prakerja bisa dibaca artikel Cara Memberi Rating Pelatihan Prakerja di Tokopedia.

3. Akun GoPay telah diupgrade menjadi GoPay Plus

Pastikan akun GoPay yang Anda gunakan sudah diupgrade menjadi GoPay Plus. Untuk cara upgradenya, yaitu dengan verifikasi identitas berupa KTP dan foto diri sedang memegang KTP. Coba diingat terlebih dahulu apakah Anda pernah melalui tahap ini, kalau belum bisa dibaca artikel Cara Upgrade GoPay Plus Dengan Cepat.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja Lewat GoPay

Setelah dirasa Anda telah memenuhi persyaratan di atas, maka berarti Anda sudah siap untuk menerima bantuan dari kartu prakerja melalui GoPay. Ketika Anda dinyatakan lolos seleksi program kartu prakerja, maka secara otomatis Anda akan diminta untuk memilih platform yang diinginkan untuk pengiriman dana bantuan prakerja. Karena artikel ini membahas cara mencairkan dana prakerja lewat GoPay, maka silahkan Anda pilih GoPay.

Berikutnya, silahkan masukkan nomor yang sama seperti yang terdaftar pada aplikasi GoJek. Barulah setelah itu, ketika Anda telah menyelesaikan pelatihan yang Anda pilih, pengiriman insentif akan langsung disalurkan ke akun GoPay Anda. Seperti itulah kira-kira tahapan pencairan dana prakerja via GoPay.

Setelah menerima insentif, tentu Anda ingin mencairkannya ke rekening bank bukan? Nah, untuk itu Anda perlu menambahkan akun bank di GoPay untuk mengirimkan uang dari GoPay menuju rekening bank Anda. Untuk caranya sendiri, bisa dilihat di bawah:

  • Buka aplikasi GoJek
  • Klik opsi Bayar pada menu GoPay di aplikasi GoJek
  • Pilih cara bayar Ke rek. bank
  • Klik Transfer instan ke rek. baru
  • Pilih bank tujuan lalu masukkan nomor rekening pada kolom yang tersedia
  • Klik Verifikasi, kemudian akan muncul secara otomatis nama pemilik rekening yang Anda masukkan. Setelah itu, tekan Lanjut
  • Masukkan nominal saldo yang ingin ditransfer ke rekening bank. Pastikan jumlah pengiriman saldo sudah benar. Klik Lanjut
  • Masukkan kode PIN akun GoPay Anda
  • Setelah itu, Anda tinggal menunggu saldo masuk ke rekening bank yang tidak akan memakan waktu lama
  • Jika saldo telah terkirim, Anda dapat melihat rincian transfer yang telah dilakukan. Perlu diketahui, setiap pengiriman saldo GoPay, pengguna akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500.

Selain memperoleh pelatihan untuk meningkatkan keterampilan, para peserta program kartu prakerja juga akan menerima insentif yang nilainya cukup lumayan. Untuk mendaftar pada program ini, ada beberapa syarat yang dibebankan kepada pengguna diantaranya WNI, berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Saat ini, program kartu prakerja telah bekerjasama dengan mitra platform digital untuk mengusung pelatihan, seperti Tokopedia, Ruangguru, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, Mau Belajar Apa, serta Pijar Mahir. Di platform-platform tersebut Anda bisa membeli dan mengikuti pelatihan online untuk kemudian mendapatkan skill keterampilan dan insentif.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mencairkan dana insentif prakerja melalui GoPay, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Jika ada yang ingin ditanyakan, langsung saja ajukan pertanyaan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!