Tutorial

Cara Daftar Pelatihan Online Kartu Prakerja di Tokopedia

Cara Daftar Pelatihan Kursus Online Kartu Prakerja di Tokopedia – Program kartu prakerja merupakan suatu inisiatif dari pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang sektor perekonomian Indonesia. Sejatinya, program ini belum akan dirilis pada bulan April 2020 yang lalu karena perlu dikaji lebih dalam lagi. Namun, akibat dari pandemi COVID-19 membuat Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan untuk segera merealisasikan pelatihan online ini lebih cepat dari jadwal.

Sampai saat tulisan ini dibuat, pendaftaran kartu prakerja sudah mencapai 9 gelombang. Artinya, program ini berjalan cukup sukses mengingat pendaftar dari setiap gelombang pun semakin banyak. Peserta yang dinyatakan lolos kartu prakerja wajib mendaftar pelatihan online agar bisa mencairkan insentif.

Insentif atau bantuan yang diberikan kepada setiap peserta yang mendapatkan kartu prakerja antara lain komisi pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak bisa dicairkan, insentif setelah berhasil menyelesaikan pelatihan senilai Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan masa pelatihan, serta mendapatkan dana sebanyak Rp 150.000 hasil dari menyelesaikan survei.

Cara Daftar Pelatihan Online Kartu Prakerja di Tokopedia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebagai penerima kartu prakerja Anda wajib mendaftar dan mengikuti pelatihan online yang telah disediakan. Setiap peserta akan diberi waktu maksimal 30 hari untuk membeli kursus di platform digital. Jika sudah melewati 30 hari peserta tidak kunjung melakukan pendaftaran pelatihan online, maka kartu prakerja akan dinonaktifkan dan saldo bantuan pelatihan juga akan hangus untuk kemudian dikembalikan ke rekening dana kartu prakerja.

Terhitung, ada 8 platform mitra resmi program kartu prakerja untuk mendaftar pelatihan online, salah satunya adalah Tokopedia. Berbagai pelatihan yang tersedia di Tokopedia antara lain bisnis, pengembangan diri, marketing, IT & data, tata boga, bahasa, dan masih banyak lagi.

Untuk cara daftar pelatihan kartu prakerja di Tokopedia sangat mudah sekali, syaratnya hanya satu yakni Anda telah terdaftar di program kartu prakerja. Jika Anda belum mendaftar, lakukan pendaftaran di www.prakerja.go.id. Langsung saja, berikut ini adalah panduan cara daftar pelatihan online kartu prakerja di Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia Anda dan pastikan nomor handphone sudah terverifikasi
  2. Di dalam aplikasi, klik menu Top-Up & Tagihan
  3. Kemudian scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu Layanan Pemerintah. Di bagian menu Layanan Pemerintah, klik Kartu Prakerja
  4. Setelah itu, Anda bisa melihat berbagai macam kategori pelatihan yang tersedia dan beragam kelas populer yang ditawarkan (seperti Skill Academy, Kelas.com, Cakap, dan masih banyak lagi). Silahkan pilih kelas pelatihan yang Anda minati.
  5. Setelah memilih kelas, Anda bisa melihat rincian pelatihan yang nantinya akan Anda dapatkan. Jangan lupa untuk memasukkan kode promo Tokopedia prakerja jika punya. Bila semua dirasa sudah sesuai yang diinginkan, tekan tombol Beli
  6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman checkout. Silahkan pilih metode pembayaran dengan kartu prakerja, caranya klik Metode pembayaran > Kartu Prakerja. Kemudian masukkan 16 digit nomor kartu prakerja Anda pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, klik Bayar
  7. Setelah itu, Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirimkan via SMS ke nomor ponsel yang terdaftar
  8. Masukkan 6 digit kode verifikasi yang diterima, kemudian tap Verifikasi
  9. Jika berhasil, klik bagian History dan Pembelian lalu klik Detail untuk kelas yang telah dibeli. Di halaman tersebut Anda akan melihat kode voucher pembelian untuk kemudian ditukarkan di website atau aplikasi yang menjadi tempat pelatihan online.

Kapan Kita Mendapatkan Insentif Kartu Prakerja?

Setelah mendaftar pelatihan online kartu prakerja di Tokopedia, Anda wajib mengikuti dan menyelesaikan pelatihan yang diberikan. Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda juga harus memberikan rating dan ulasan terhadap lembaga pelatihan dan juga Tokopedia itu sendiri. Barulah setelah itu, lembaga tempat Anda pelatihan akan mengirimkan sertifikat tanda menyelesaikan pelatihan ke mitra Tokopedia.

Selanjutnya, mitra Tokopedia akan memprosesnya dengan melakukan verifikasi secara langsung ke sistem kartu prakerja selama kurang lebih 3×24 jam tidak termasuk hari libur. Penyaluran insentif akan dilakukan paling lama memakan waktu 7 hari kerja setelah semua persyaratan dipenuhi pengguna. Terkadang, proses pencairan insentif akan lebih lama dikarenakan banyaknya peserta yang juga telah menyelesaikan pelatihan.

Begitulah tata cara pelatihan prakerja di Tokopedia, tahapannya sangat mudah bukan? Bahkan, untuk Anda pengguna baru Tokopedia sekalipun, tidak akan dibuat kebingungan karena tata letak menu-menu didalamnya sangat baik. Selain Tokopedia, Anda pun bisa memperoleh pelatihan kartu prakerja di Bukalapak, Ruangguru, Sekolahmu, Pintaria, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, serta Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Demikian panduan kali ini mengenai Cara daftar untuk mengikuiti kelas pelatihan online Prakerja di Tokopedia, semoga dapat dipahami dengan baik dan bisa membantu Anda semua. Bila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan saja pertanyaan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!