JaringanTekno

Pengertian Repeater Dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan

Pengertian Repeater Dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan – Pengertian repeater, jenis-jenis repeater dan fungsi dari repeater dalam jaringan internet akan dibahas tuntas dalam artikel ini.

Penasaran untuk info lengkapnya? Yuk, simak artikel ini sampai habis. Selamat membaca .

Repeater sangat dikenal dalam dunia jaringan internet karena fungsinya yang bisa sangat membantu memaksimalkan kinerja jaringan internet Anda.

Sepenting apakah sebenarnya repeater dalam sebuah jaringan internet?

Keberadaan repeater ini ternyata cukup diperlukan untuk membuat jaringan internet bisa digunakan dengan lebih maksimal, lancar dan stabil.

Namun masih banyak orang yang tidak menyadari kepentingan keberadaan repeater ini untuk jaringan internet mereka.

Pengertian Repeater

Repeater ini sejatinya merupakan sebuah alat networking yang bentuk dan ukurannya hampir mirip seperti router atau modem wifi.

Alat ini biasanya digunakan oleh para pengguna wifi supaya koneksi internet mereka lebih kuat, tersebar lebih luas dan stabil sehingga penggunaan jaringan internetnya bisa lebih maksimal.

Prinsip kerja repeater adalah menangkap sinyal, memperkuat sinyal serta kemudian menyebarkannya dengan jangkauan yang lebih luas dengan mengatasi hambatan-hambatan di sekitarnya yang tidak dapat diatasi oleh modem atau router wifi.

Keberadaan repeater ini sangat penting mengingat tidak semua pengguna wifi memiliki sinyal yang kuat dari routernya. Selain itu, area yang luas terkadang tidak bisa terjangkau semua secara maksimal oleh sinyal wifi.

Kendala itulah yang biasanya dihadapi oleh para pengguna wifi di rumah, apalagi jika rumahnya cukup luas atau bertingkat.

Dengan keberadaan repeater inilah pancaran sinyal yang dihasilkan akan menjadi lebih kuat, stabil dan menjangkau ke setiap sudut ruangan dalam rumah.

4 Perbedaan Router dan Repeater

Dikarenakan ada kesamaan pada bentuk fisiknya, orang terkadang salah mengartikan repeater sebagai router dan menganggap bahwa fungsinya sama saja.

Padahal keduanya adalah 2 alat yang berbeda dan memiliki perbedaan dari sisi fungsi juga.

Berikut ini adalah 4 perbedaan antara router dan repeater, yaitu:

  1. Router merupakan alat untuk menghubungkan jaringan internet ke perangkat-perangkat sedangkan repeater adalah alat bantu untuk menguatkan sinyal dan memperluas jaringan internet
  2. Router dapat bekerja tanpa repeater, tetapi repeater harus tersambung dengan router
  3. Router dapat diotak atik oleh penggunanya dalam mengatur jaringan sedangkan repeater tidak bisa diotak atik untuk mengelola jaringan
  4. Router memiliki sistem keamanan sedangkan repeater tidak

Macam Jenis Repeater

Jenis-jenis repeater terbagi dalam beberapa bagian berdasarkan kriteria tertentu. Di bawah ini adalah macam jenis repeater yang perlu diketahui, yaitu:

1. Jenis repeater berdasarkan koneksinya

Jenis repeater berdasarkan koneksinya dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Repeater tanpa kabel atau wireless
  • Repeater dengan kabel

2. Jenis repeater berdasarkan tipe sinyalnya

Jenis repeater berdasarkan sinyalnya dibagi menjadi 2, yaitu:

  • Repeater analog
  • Repeater digital

3. Jenis repeater berdasarkan teknologi yang digunakan

Jenis repeater berdasarkan teknologi yang digunakan menjadi 2, yaitu:

  • Repeater telepon
  • Repeater radio
  • Repeater optik
  • Repeater microwave

Jangan dibayangkan microwave yang ada di dapur Anda ya. Repeater microwave yang dimaksud disini adalah repeater yang menggunakan teknologi gelombang mikro. Repeater ini biasanya digunakan untuk pemancar jarak jauh contohnya UHF dan VHF.

5 Fungsi Repeater Dalam Jaringan

Kalau kita membahas repeater dari sisi fungsi, sebenarnya tidak hanya satu saja fungsinya. Berikut ini adalah 5 fungsi repeater dalam jaringan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Memperkuat sinyal

Memperkuat sinyal merupakan fungsi utama dari repeater. Sinyal yang sudah melewati jarak tertentu dari perangkat wifi akan berkurang kekuatannya.

Sebagai contoh jika modem wifi diletakkan di ruang tamu, maka jangkauan sinyal di area dapur menjadi berkurang.

Repeater membantu membuat sinyal menjadi lebih kuat dengan jangkauan yang lebih jauh dari tempat diletakkan modem wifi.

Alat ini akan menangkap, memperkuat kemudian menyebarkannya kembali seperti dan koneksinya sama kuatnya dengan area yang berdekatan dengan modem wifi.

2. Mengatasi hambatan dalam penyebaran sinyal

Repeater memiliki fungsi mengatasi hambatan dalam penyebaran sinyal. Hambatan-hambatan tersebut berupa dinding atau benda-benda lain.

Dengan menggunakan repeater maka sinyal akan disebarkan dengan lebih baik bahkan sinyal wifi dari lantai satu ke lantai 2 sebuah bangunan atau sebaliknya.

3. Memperluas jangkauan jaringan

Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas dan Anda memasang wifi di rumah Anda, maka penggunaan repeater bisa membantu untuk memperluas jangkauan jaringan internet di rumah Anda.

Apalagi jika rumah Anda terdiri dari 2 lantai, maka penggunaan repeater pada modem wifi Anda sangat diperlukan supaya Anda tidak perlu memasang 2 modem wifi untuk lantai atas dan lantai bawah.

4. Mengoptimalkan kinerja jaringan

Repeater berfungsi mengoptimalkan kinerja jaringan dengan cara memastikan bahwa setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut mendapatkan sinyal yang kuat dan koneksi internet yang stabil.

5. Memudahkan pengiriman sumber daya

Fungsi repeater yang terakhir adalah memudahkan pengiriman sumber daya, dalam hal ini adalah sumber daya jaringan internet yang bisa terakses oleh perangkat-perangkat yang terhubung tanpa terhalang oleh hambatan.

Kesimpulan

Sebagai alat yang cukup penting peranannya dalam jaringan infrastruktur jaringan internet, repeater bisa dibilang menjadi alat yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna modem wifi di rumah, kantor maupun tempat lainnya.

Dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda bisa mendapatkan fungsi maksimal dari repeater yang akan membantu memperkuat sinyal internet Anda.

Semoga informasi tentang pengertian repeater, macam jenis repeater  dan fungsi repeater tadi membantu Anda dalam menambah wawasan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!