InfoTutorial

Cara Daftar GoFood Online

Cara Daftar GoFood Online – Kini, jika ingin bisnis kuliner cepat berkembang dan semakin dikenal orang pilihan yang bisa diambil adalah mendaftarkannya ke Gofood.

Cara daftar GoFood pun terbilang sangat mudah dan tanpa biaya apapun. Kamu dapat melakukannya melalui aplikasi GoBiz, Sebuah aplikasi official dari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang merupakan perusahaan dari Gojek.

Aplikasi ini dibuat untuk menghandel para pemilik bisnis yang ingin menikmati layanan-layanan penunjang bisnis seperti Gofood.

Aplikasi GoBiz ini harus kamu download dulu agar dapat mulai daftar GoFood. Kamu dapat mendownloadnya secara gratis di Playstore.

Untuk cara daftar GoFood melalui aplikasi ini akan kami ulas sebagai berikut.

Langkah-Langkah Cara Daftar GoFood Online

Sebenarnya cara daftar Gofood cukup sederhana, mungkin agak ribet di persiapan syarat-syarat yang diminta.

Untuk pendaftaran mitra usaha GoJek di GoBiz untuk layanan GoFood, GoPay dan GoKasir tidak dipungut biaya alias gratis.

Alur pendaftaran online untuk menjadi Mitra Usaha GoJek untuk GoFood:

  • Pendaftaran: Kamu harus mempersiapkan dan melengkapi dokumen data usaha serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Verifikasi data usaha: Pihak GoBiz akan melakukan pengecekan data usaha kamu secara otomatis. Untuk proses verifikasi data usaha akan memakan waktu maksimal 2 (dua) hari kerja.
  • Aktivasi layanan di GoBiz: Jika data usaha Anda berhasil diverifikasi. Khusus untuk GoFood, Anda harus siapkan dan melengkapi data-data sesuai dengan layanan yang dipilih. Proses aktivasi GoFood membutuhkan waktu maksimal 10 hari kerja.

Oleh karena itu, sebelum membahas cara daftar Gofood kita akan memberitahumu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar Gofood melalui aplikasi GoBiz.

Syarat Mendaftar GoFood

Syarat-sayarat ini terkait dengan informasi bisnis yang akan didaftarkan. Data-data ini dikumpulkan untuk mendaftar sebagai pengguna akun dan juga memverifikasi bahwa usaha yang didaftarkan adalah benar adanya bukan fiktif.

Berikut syarat yang dibutuhkan:

  • Data pemilik sesuai KTP (NIK, nama, alamat, serta tanggal lahir)
  • Informasi rekening bank (Nama bank, nama pemilik dan no. rekening untuk pencairan dana usaha)
  • Rincian data usaha (Nama usaha & rincian data NPWP jika ada)
  • Informasi outlet usaha (Alamat usaha, patokan di sekitar outlet, dan foto outlet usaha Anda dari luar).

Kamu harus mempersiapkan semua hal tersebut untuk mulai mendaftar menjadi mitra usaha GoJek, nantinya syarat-syarat ini harus kamu masukan ketika mendaftar.

Cara Mendaftar Mitra usaha GoJek

Langkah pertama, Kamu wajib terlebih dahulu untuk mendaftar menjadi mitra usaha GoJek.

1. Download aplikasi GoBiz

Download GoBiz

Seperti yang dibahas sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah Download GoBiz di PlayStore melalui ponsel Android milikmu.

2. Daftar GoBiz

Daftar GoBiz

Jika sudah mendownload aplikasi GoBiz, lalu mulai daftarkan usahamu dengan klik Daftar GoBiz.

3. Pilih jenis pendaftaran usaha

Silahkan pilih salah satau jenis pendafataran usaha di GoBiz untuk Goofod berikut :

  • Usaha milik pribadi: untuk Perorangan atau Rumahan yang belum pernah memiliki akun GoBiz, proses pendaftaran melalui aplikasi GoBiz
  • Usaha milik perusahan: Untuk perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoBiz
  • Tambah outlet baru: Untuk pemilik usaha individual dan perusaahn yang sudah memiliki akun GoBiz dan ingin menambah outlet baru, proses pendafataran via email.

Pilih jenis pendaftaran usaha

4. Isi data pemilik Usaha

Selanjutnya pada halaman isi data pemilik, silahkan isi nama pemilik sesuai KTP, email dan nomor HP yang aktif. Lalu klik kirim data pemilik.

Isi data pemilik Usaha

Kemuidan setelah mengirim data pemilik usaha Gofood, Kamu akan menerima sms berupa kode OTP. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik Konfirmasi.

Kode OTP GoBiz

5. Mengirim dokumen data Usaha

Sertakan data yang ada di persyaratan tadi, yaitu identitas pemilik sesuai KTP berikut foto dari KTP, informasi rekening bank, informasi usaha dan informasi outlet di aplikasi GoBiz.

Mengirim dokumen data Usaha

Agar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu cara pengisiannya.

  • Isi Identitas pemilik

Masukkan data diri yaitu Nama, Foto KTP pemilik, nomor NIK KTP, tempat lahir, tanggal lahir, alamat sesuai KTP dan upload foto diri. Isilah sesuai yang ada di KTP milikmu.

Cara Isi Identitas pemilik GoFood Lalu upload foto KTP, ada dua foto yang diminta, yaitu foto selfie bersama KTP dan foto KTP itu sendiri.

Upload foto KTP

Namun perhatikan cara pengambilan foto, ketika selfie jangan sampai foto wajahmu terlalu terang, blur atau wajahmu terpotong serta untuk foto KTP harus jelas dan terbaca.

Upload foto selfie KTP

  • Isi Informasi Rekening Bank

Isi data rekeningmu yang nantinya akan kamu gunakan untuk pencairan dana usaha, lalu klik Verifikasi.

Cara isi informasi rekening bank GoFood

Jika nama pemilik rekening bank tidak sama dengan nama pemilik usaha, kamu wajib untuk upload dokumen pendukung berupa buku tabungan atau rekening koran.

isi informasi rekening bank gofood beda nama

  • Isi Informasi Usaha

Patikan penulisan nama usaha sesuai dengan panduan pengisian, klik “lihat panduan” untuk membaca panduan menulis nama yang benar. Setelah itu, pilih bidang usaha yang kamu jalankan.

Cara Isi Informasi Usaha di GoFood

  • Isi Informasi Outlet

Sebelum mengisi informasi outlet dan memoto outlet, pastika kamu membaca panduan penulisan alamat lengkap terlebih dahulu agar kamu tahu semua ketentuan yang benar agar tidak terjadi kesalahan.

Cara Isi Informasi Outlet Toko di GoFood

Untuk foto, baca juga panduan upload foto outlet dari luar. Kamu harus mengambil foto lokasi proper sesuai dengan yang didaftarkan, tidak blur, memiliki pencahayaan bagus, dan nama outlet terlihat atau terbaca jelas.

Jika usahamu adalah usaha rumahan, bisa mengganti outlet dengan foto bagian depan rumah tempat usaha dijalankan.

upload foto toko di gofood

  • Pilihan Layanan

Nah di fase ini kamu bisa memilih GoFood sebagai salah satu layanan yang kamu centang di aplikasi GoBiz. Untuk cara Aktivasi GoFood nanti akan dijelasakan setelah kamu berhasil mendfatar menajdi mitra usaha GoJek.

pilih layanan gobiz

Namun kamu juga dapat mencentang layanan yang lainnya, silahkan pelajari keuntungan & ketentuan dari tiap layanan yang ada, lalu silahkan pilih layanan/fitur (GoFood, GoPay, POS) yang ingin kamu aktifkan dengan mencentang checkbox di bagian kanan layar.

6. Mengirim Data Usaha

Setelah semua data usaha untuk penfataran menjadi mitra GoJek dilengkapi, silhkaan kamu bisa baca dan pelajari dulu Syarat Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik tombol Verifikasi data usaha saya.

verifikasi data usaha gojek

Kemudian muncul pop-up notifikasi konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik Kirim.

kirim data usaha

7. Proses Verifikasi data usaha

Setelah semua dokumen usaha dikirim, pihak GoBiz akan melakukan proses verifikasi dalam waktu kurang lebih 2 hari kerja.

proses verifikasi data usaha gojek

Jika proses verifikasi usaha sudah berhasil disetujui, Kamu akan menerima notifikasi di aplikasii GoBiz dan email yang Kamu daftarkan.

data usaha mitra gojek berhasil disetujui

Jika dokumen usaha belum disetujui, silakan bisa klik Perbaiki data usaha kemudian lihat alasannya. Jika sudah diperbaiki, kamu bisa menekan tombol Kirim data usaha.

Cara Aktivasi GoFood

Setelah proses pendaftaran menjadi mitra usaha GoJek berhasil disetujui, langkah selnjutnya adalah mengkatifkan layanan GoFood.

Pada proses aktivasi untuk layanan GoFood, Kamu akan diminta untuk melengkapi data restoran, toko atau warung yang nantinya akan digunakan dan tampil sebagai informasi outlet Kamu di GoFood.

Proses aktivasi GoFood membutuhkan waktu kurang lebih selama total 10 hari kerja. Lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara aktivasi Gofood berikut:

1. Lengkapi data GoFood

Pada layanan aplikasi GoBiz, klik Lengkapi pada menu GoFood.

Note: Tombol “Lengkapi” akan muncul jika status verifikasi data usaha mitra GoJek Kamu sudah disetujui oleh pihak GoBiz.

lengkapi data gofood

Lengkapi data restoran berikut sesuai dengan data outlet Anda:

  • Profil Restoran, Toko atau Warung
  • Jam Operasional
  • Daftar Menu
  • Pemeriksaan Outlet

lengkapi data usaha gofood

Jika Kamu sudah melengkapinya, tanda centang akan berubah dari warna abu-abu menjadi warna ungu. Klik tombol Kirim dan data akan diperiksa oleh pihak GoFood dalam waktu kurang 2 hari kerja.

lengkapi data toko warung gofood

2. Pemeriksaan outlet oleh Driver GoJek

Jika data restoran Kamu sudah lolos proses verifikasi oleh pihak GoFood, maka selanjutnya dalam waktu kurang lebih 8 hari akan ada 2 driver GoJek yang mendatangi outlet mu untuk melakukan pemeriksaan dan validasi data serta mengambil foto outlet.

pemeriksaan oleh driver gojek

Kamu akan menerima pemberitahuan di aplikasi GoBiz melalui pop-up notifikasi mengenai kunjungan Mitra Driver GoJek ke tempat mu.

3. Proses Aktivasi GoFood

Jika layanan GoFood kamu sudah disetujui, Kamu akan mendapatkan notifikasi dari email yang didaftarkan, pop-up notif dari aplikasi GoBiz.

gofood berhasil disetujui

Status aktivasi layanan GoFood akan berubah menjadi Sudah aktif. Informasi status aktivasi juga bisa Anda dapatkan melalui email terdaftar.

Selanjutnya Kamu sudah bisa mulai menggunakan GoBiz untuk menjalankan usaha GoFood.

cara aktivasi gofood

Itulah alur langkah-langkah cara daftar GoFood melalui aplikasi GoBiz, cukup mudah jika kamu mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada. Silahkan mulai mendaftarkan usaha kulinermu di sana.

Semoga informasi cara daftar gofood dapat membantumu dalam mengembangkan bisnis kuliner yang sedang kamu jalankan. Selain GoFood, sebenarnya ada layanan lain seperti GoPay dan POS yang dapat memudahkanmu menjalankan bisnis.

Dengan Gopay kamu dapat mempermudah para pelanggan dalam membayar pembelian mereka di usaha kulinermu. Semakin beragam metode pembayaran yang kamu sediakan maka artinya kamu menawarkan lebih banyak kemudahan pada pelanggan di mana itu sebuah kelebihan untuk bisnismu.

Sedangkan dengan POS kamu bisa mencatat transaksi yang terjadi di bisnismu juga mendapat laporan untuk kamu jadikan acuan menganalisa performa dari toko atau usahamu.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!