JaringanTekno

Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Kelebihan LAN

LAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya – “Local Area Network (LAN) telah menjadi komponen penting dalam kehidupan digital sehari-hari kita, menyediakan konektivitas yang stabil dan cepat di dalam lingkup yang terbatas.

Dari berbagi file hingga bermain game online, LAN memastikan bahwa semua perangkat jaringan terhubung dan berfungsi secara optimal, membuat pengalaman berinternet yang  lebih baik.

Apa Itu LAN

Jaringan LAN (Local Area Network) adalah jaringan internet yang lingkup coveragenya kecil dan biasanya hanya berada di 1 titik saja tanpa bisa berkomunikasi dengan jaringan di luar tempat tersebut.

Internet di rumah atau di bisnis-bisnis umkm biasa menggunakan jaringan LAN ini, yang mana cuma berisi router dari ISP dan semua perangkat yang terhubung hanya bisa menggunakan di tempat tersebut saja.

Cara LAN Bekerja

Penggunaan LAN di tempat-tempat yang terbatas itu tidak memerlukan perangkat jaringan yang terlalu banyak.

Cukup dengan 1 Router ISP, kemudian bisa tambakan Access Point untuk meningkatkan kualitas sinyal WiFi dan menambahkan Switch atau Hub jika ada device yang membutuhkan internet yang stabil seperti Printer, Lomputer, CCTV dan perangkat lainnya.

Dengan begitu, koneksi LAN sudah bisa digunakan dengan baik. Internetan bisa, kirim data via jaringan lokal atau private network juga bisa.

Basic Layout Di Jaringan

LAN umumnya terdiri dari kabel Ethernet, Switch, Router ataupun Access Point yang bisa mendukung konektivitas di area tersebut. Baik dalam penggunaan Wi-Fi ataupun yang memakai kabel.

Agar semua dapat berjalan dengan baik, wajib untuk para Administrator untuk menyesuaikan hardware yang digunakan dengan kondisi dilapangan.

Jadi bukan hanya sekedar punya Router bagus ataupun Access Point yang mahal, tapi perhatikan juga:

  • Luas ruangannya berapa
  • Ada berapa ruangan yang ingin tercover
  • Posisi yang bagus untuk ruangan tersebut di taruh dimana
  • Device yang digunakan apa saja
  • Paket internet yang digunakan berapa Mbps
  • Apakah di lingkungan tersebut banyak interferensinya

Itu adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membangun sebuah jaringan LAN agar berjalan dengan baik. Mau dalam koneksi yang memakai WiFi, kabel UTP ataupun keduanya

Itu adalah gambaran luarnya, dalam konfigurasi perangkat internetnya pun harus diperhatikan seperti:

  • Password Admin & WiFI
  • Bandwidth management
  • Load balance
  • Frequency & Channel

Dengan begitu, output dari jaringan LAN yang dibuat akan menjadi lebih optimal jika semua perangkat di setting dengan baik.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan LAN

Setiap teknologi yang digunakan pasti akan selalu menimbulkan kenyamaman dan kesulitan baru. Begitupun dengan jaringan LAN, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui.

Kelebihan Dari Jaringan LAN

  1. Sharing data mudah: jadi pengguna dapat saling berbagi file dari komputer ke komputer, komputer ke hp, hp ke hp, komputer ke printer, hp ke printer, komputer ke server dan lain-lain.
  2. Lebih hemat biaya: Di dalam jaringan LAN tidak perlu hardware yang mahal. Namun sesuaikan dengan tempat yang ingin di pasang jaringan LAN. Hanya butuh kabel LAN untuk menghubungkan dari Modem ke Router itu sudah bisa menyebarkan internet dengan baik.
  3. Stabil dan lebih cepat: Karena transmisinya menggunakan kabel UTP yang memiliki duplex antara 50-100 Mbps untuk port Ethernet dan 1Gbps untuk port gigabit, maka proses transfer data akan menjadi lebih cepat.

Ataupun jika anda layanan internet yang 1gbps, kecepatan yang didapat akan sama asalkan port perangkat (PC/Router/Switch) sudah gigabit juga. Dan tentunya kabel UTP yang digunakan harus CAT6 Keatas.

  1. Minim kabel: Jika Anda memilih koneksi menggunakan WiFi di jaringan LAN itu akan menghemat penggunaan kabel dan tampilan ruangan akan menjadi lebih rapih.
  2. Kabel bisa di kombinasikan: Tidak hanya menggunakan kabel UTP, pada jaringan LAN, bisa juga menggunakan kabel Coaxial ataupun fiber optik sebagai pilihan. Bahkan beberapa tahun lalu masih banyak yang menggunakan kabel telepon/RJ11.

Kekurangan Dari Jaringan LAN

  1. Kecepatan menurun: Semakin banyak perangkat yang terkoneksi dan mereka menggunakannya secara bersamaan, maka otomatis bandwidth yang disediakan akan berkurang.
    Apalagi kalau di jaringan LAN-nya tidak memakai bandwidth management, maka keluhan ngelag, buffer terus ataupun tidak stabil pasti akan datang terus.
  2. Keamanan yang rentan: Perlu diakui sistem keamanan pada jaringan lokal itu apa adanya. Apa lagi untuk pengguna jaringan LAN di rumah, UMKM ataupun kantor kecil.
    Sedikit dari mereka yang masang perangkat atau software tambahan untuk firewall, proxy atau sistem keamanan lain.
  3. Tidak cocok untuk skala luas: Jaringan internet dengan koneksi LAN itu hanya berfokus di satu tempat saja. Misalkan ada 2 kantor di gedung yang berbeda, walaupun gedungnya bersebrangan, itu akan sulit berhubungan.
    Kecuali dihubungkan dengan kabel optic ataupun pakai antena point to point. Tapi itu sudah bukan masuk ranah LAN lagi.
  4. Ketergantungan pada server utama: Jika server utama bermasalah maka akan berdampak ke perangkat lain bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.
    Misalnya kalau Router utama mati, maka semua perangkat tidak dapat akses internet. Kalau di jaringan lain seperti MAN atau WAN akan ada link backup yang mensupport.
  5. Perbaikan lebih sulit: Apalagi jika kabel internet yang digunakan sudah tertutup furniture atau putus di tengah tengah dan tidak bisa di trace.
    Hal tersebut tentunya akan menyulitkan dalam perbaikan. Solusi yang paling memungkinkan yaitu instalasi kabel baru dan itu perlu biaya tambahan lagi.

Kesimpulan

Penerapan LAN merupakan hal yang penting untuk tempat yang skalanya kecil seperti rumah, sekolah atau kantor kecil.

Yang mana mereka tidak diharuskan untuk berkomunikasi 2 arah dengan tempat lain diluar jaringan tersebut.

Memang penerapannya cukup mudah, tapi anda harus bisa menjaga ekspektasi apalagi jika jumlah penggunanya banyak namun hardware internet yang digunakan atau paket berlangganan yang kecil akan menyebabkan koneksi jadi kurang stabil.

Dan tentunya tidak bisa kirim data atau berhubungan secara otomatis seperti jaringan MAN atau WAN.

Sebelum membuat jaringan LAN, alangkah baiknya survey lokasi terlebih dahulu agar bisa tau perangkat internet apa yang cocok untuk digunakan dan bagaimana cara untuk mengoptimalkan tempat tersebut agar koneksi internet tidak terganggu.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!