Jaringan

Pengertian LAN, WAN, MAN Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian LAN, WAN, MAN Beserta Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangannya – Jaringan (network) merupakan suatu sistem operasi yang terdiri dari serangkaian komputer dan perangkat jaringan lain yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama atau jaringan kerja yang terdiri dari titik (node) yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, dengan atau tanpa kabel.

Setiap node berfungsi sebagai workstation. Pada tiap-tiap node sendiri sebagai server layanan atau media, yang mengatur fungsi tertentu dari node lain. Pada dasarnya, teknologi jaringan komputer itu sendiri adalah kombinasi dari teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

Untuk mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan menyediakan layanan. Pihak yang meminta layanan disebut klien (klien) dan pihak yang menyediakan layanan disebut layanan (server). Arsitektur ini disebut sistem client-server dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Manfaat jaringan

Manfaat dan fungi utama yang dirasakan langsung ketika berbagi jaringan adalah bahwa Internet bersifat global, karena pada dasarnya, Internet itu sendiri merupakan rangkaian dari komputer (ribuan dan bahkan jutaan komputer) yang saling berhubungan antara satu sama lain. Ini berevolusi dan berevolusi dari waktu ke waktu, sehingga membentuk jaringan yang kompleks seperti yang kita rasakan saat ini.

Sampai dengan saat ini jaringan internet KOMPUTER populer dibagi menjadi tiga jenis yaitu LAN, WAN, MAN, apa saja? Di bawah ini merupakan pengertiannya.

1. Pengertian LAN

Local area network atau Jaringan area lokal umumnya disingkat sebagai LAN, mengapa? Karena jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup area kecil; Seperti jaringan komputer gedung, kantor, kampus, di rumah, sekolah maupun dengan lingkup yang lebih kecil. Saat ini, sebagian besar LAN didasarkan pada teknologi Ethernet IEEE 802.3 yang menggunakan perangkat switching, yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbit / s. Selain pada teknologi Ethernet, teknologi yang diberi nama 802.11b (atau biasa juga disebut dengan Wi-fi) juga sering kali dipergunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi disebut titik akses/hotspot.

Dalam LAN, setiap node atau komputer memiliki kekuatan komputasi sendiri, berbeda tentunya dari konsep terminal dump. Pada tiap-tiap komputer juga dapat mengakses sumber daya pada LAN sesuai dengan izin yang telah ditetapkan. Sumber daya ini dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, pengguna juga bisa sekali untuk dapat berkomunikasi dengan pengguna lain menggunakan aplikasi sesuai.

Baca Juga
5 Modem MiFi 4G Terbaik dan Tercepat 2019

Berbeda dengan jaringan area luas atau biasa disebut juga wide area network (WAN), LAN memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki kecepatan data yang lebih tinggi
  2. Area geografis yang lebih sempit.
  3. Saluran telekomunikasi yang disewa untuk operator telekomunikasi tidak diperlukan. Secara umum, salah satu komputer antara jaringan komputer akan digunakan sebagai server yang mengatur semua sistem dalam jaringan.

Jaringan LAN

Kelebihan LAN

LAN dapat dihubungkan dengan beberapa cara, seperti kabel berpasangan, serat optik, kabel telepon dan lampu inframerah, serta sinyal radio. Konfigurasi koneksi antara beberapa komputer dikenal sebagai topologi. Setiap topologi harus melakukan kerja sama yang umumnya ditemukan dalam jaringan, yaitu pesan dari satu komputer ke komputer lain atau instruksi untuk melakukan tugas yang disimpan di jaringan.

Kekurangan LAN

LAN hanya dapat menghubungkan serangkaian komputer yang ditemukan di area tertentu, seperti di kampus, di gedung dan di ruang yang sering dikaitkan dengan minicomputer. Namun, jarang bagi LAN untuk menjangkau lebih dari satu buah gedung.

2. Pengertian MAN

Metropolitan area network atau disingkat juga dengan sebutan MAN. Jaringan di kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan beberapa tempat, seperti kampus, kantor, pemerintah, dll. Jaringan MAN adalah kombinasi dari beberapa LAN. Kisaran MAN ini adalah antara 10 dan 50 km. MAN ini juga adalah jaringan yang sangat sesuai untuk membangun jaringan antar kantor di kota antara pabrik / lembaga dan kantor pusat yang berada dalam jangkauan.

Pengertian Jaringan WAN

Keuntungan Jaringan MAN

MAN dapat mencakup area yang lebih luas daripada LAN. Jaringan MAN ini umumnya dioperasikan di bandara, dikombinasikan dengan beberapa sekolah atau dalam satu area. Dengan menjalankan jaringan koneksi yang besar, informasi dapat disebarluaskan lebih luas, cepat dan sangat memiliki makna. Perpustakaan umum dan lembaga pemerintah biasanya mempergunakan MAN.

Baca Juga
Fungsi Modem, Jenis Modem dan Pengertian Modem

Kelemahan MAN

MAN sendiri hanya akan dapat berlaku jika komputer pribadi dapat bersaing atau yang biasa disebut dengan sebagai terminal. Jika komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (perangkat lunak transfer file) memungkinkan pengguna untuk mengambil file (unduh) dari host atau mengirimkan data ke host (mengunggah). Mengunduh file berarti membuka dan mengambil data dari komputer pribadi lain dan mengirimkan data ke komputer yang diminta oleh pengguna.

3. Definisi WAN

WAN sendiri merupakan sebuah jaringan yang lebih mengacu pada istilah teknologi informasi yang yang diartikan dalam bahasa Inggris: Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas, sebagai contoh jaringan komputer antara wilayah-wilayah, perkotaan atau bahkan negara, atau diartikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lain, sehingga user atau komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain.

Pengertian WAN

Keuntungan WAN

WAN bisa menghubungkan komputer ke area geografis yang lebih luas, misalnya, dengan menghubungkan area seperti Florida, Amerika Serikat dan dunia. Jaringan WAN sendiri memang merupakan sebuah jaringan yang bisa menghubungkan sekolah-sekolah yang ada di Florida dengan tempat-tempat lainnya di belahan dunia, misalnya, Tokyo hanya dalam beberapa menit, tanpa perlu tersedianya uang dengan jumlah yang besar untuk membayar saluran telepon.

Kekurangan WAN

Jaringan WAN ini lebih kompleks dan bisa dibilang juga cukup rumit. Dibutuhkan berbagai peralatan dan data sebelum jaringan lokal dan metropolitan dikaitkan dengan komunikasi global dan internasional, seperti halnya sebuah Jaringan Internet.

Demikian adalah informasi mengenai pengertian lan, wan, man beserta kelebihan dan kekurangannya semoga dapat memberikan informasi dan menambah preferensi Anda.

Baca Juga
Cara Menghitung Subnet Mask, IP Address dan Host Yang Benar
Tags

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button