InfoPaket Data Internet

Apa Itu Paket Kuota Edukasi? Fungsi dan Kegunaan Kuota Edukasi

Apa Itu Paket Kuota Edukasi? Fungsi dan Kegunaan Kuota Edukasi – Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), beberapa operator seluler Indonesia menghadirkan paket kuota edukasi. Paket ini disediakan secara gratis dengan kapasitas gigabyte yang cukup besar. Tak hanya itu, masa berlaku dari paket ini juga cukup panjang, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama oleh pelajar dan mahasiswa yang saat ini tengah melakukan pembelajaran dari rumah.

Ya, paket ini memang dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa yang seharusnya masih harus belajar di sekolah maupun universitasnya. Namun, karena penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin meluas jadi pemerintah terpaksa meliburkan mereka.

Apa itu Paket Kuota Edukasi?

Paket kuota edukasi adalah paket internet untuk mendukung aktivitas belajar siswa dan mahasiswa dengan akses data gratis ke platform pembelajaran online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, dan lain sebagainya. Dengan layanan ini, diharapkan para siswa dan mahasiswa dapat dengan lancar dan mudah mengakses aplikasi-aplikasi tersebut tanpa terkendala koneksi internet yang tidak stabil.

Mengenai operator seluler yang menyediakan paket kuota edukasi ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan setidaknya ada lima operator yakni Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri Indonesia, dan Telkom yang mendukung program ini. Masing-masing operator seluler menyediakan kuota edukasi yang berbeda-beda, Telkomsel dan Indosat sama-sama menawarkan kuota 30GB yang berlaku selama 30 hari untuk bebas akses ke aplikasi belajar online.

Sedangkan XL Axiata diketahui memberikan kuota gratis 2 GB/hari untuk mengakses sejumlah aplikasi yang dapat membantu belajar dan juga bekerja dari rumah. Bagaimana, menarik bukan? Anda yang saat ini berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa tentunya akan sangat terbantu dengan adanya paket kuota edukasi yang ditawarkan sejumlah operator seluler Indonesia. Fungsi dan kegunaan kuota edukasi tak hanya sampai disitu, masih ada lagi yang akan dijelaskan pada pembahasan di bawah.

Fungsi dan Kegunaan Kuota Edukasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi utama dari paket kuota edukasi adalah untuk mengakses aplikasi belajar online secara gratis. Namun tak hanya itu, operator seluler yang identik dengan warna kuning yakni Indosat juga memberikan akses ke lebih dari 60 platform e-learning dan website-website resmi universitas yang ada di Indonesia guna mendukung proses perkuliahan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen selama masa tanggap darurat COVID-19 berlangsung.

Selain itu, di tengah wabah corona yang saat ini tengah merebak Indosat juga mendukung gerakan dirumah aja. Mereka menawarkan gratis kirim kartu SIM tanpa harus keluar rumah yang berlaku untuk Indosat prabayar dan pasca bayar. Untuk pengirimannya sendiri, mencakup wilayah padat penduduk seperti Jakarta, Bogor, dan Bekasi.

Bagi Anda yang ingin menggunakan kuota edukasi pun jangan khawatir nge-lag atau jaringan internet tidak stabil, sebab operator seluler di Indonesia sudah menjamin kinerja jaringan handal untuk Anda. Performa jaringan yang dijanjikan stabil walaupun terjadi peningkatan trafik.

Sudah jelas untuk pengertian paket kuota edukasi beserta fungsi dan kegunaannya, sekarang kita masuk ke pembahasan selanjutnya tentang cara menggunakan paket kuota edukasi ini. Admin akan menjelaskan cara mengaktifkan kuota edukasi dari provider Telkomsel dan Indosat.

1. Cara mengaktifkan kuota edukasi Telkomsel

  • Buka aplikasi MyTelkomsel.
  • Pilih menu “Shop” lalu klik “Internet”.
  • Berikutnya akan muncul beragam paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel. Untuk kuota edukasi sendiri bernama paket Ilmupedia atau Ruangguru.
  • Cari paket “Bebas Akses” dengan kuota 30 GB seharga Rp0.
  • Pilih paket itu dan lakukan pembelian.
  • Selesai, kini Anda bisa mengakses platform pembelajaran online secara gratis selama satu bulan.

2. Cara mengaktifkan kuota edukasi Indosat melalui aplikasi myIM3

  • Buka aplikasi myIM3.
  • Pilih menu “Beli”.
  • Berikutnya akan muncul beragam paket internet yang ditawarkan oleh Indosat.
  • Klik paket “Belajar di rumah GRATIS KUOTA 30 GB”.
  • Klik tombol “Beli” lalu ketuk “Beli Sekarang”.
  • Selesai, sekarang Anda sudah mempunyai paket kuota edukasi untuk mengakses banyak situs belajar online.

3. Cara mengaktifkan kuota edukasi Indosat melalui kode dial

  • Buka aplikasi “Phone” atau “Telepon”.
  • Setelah itu ketikkan kode *123*369# dan tekan Call.
  • Kemudian akan ada pesan untuk mengaktivasi paket kuota edukasi.
  • Balas pesan tersebut dengan mengetik angka 1 dan tekan tombol Send atau Kirim.
  • Apabila berhasil, akan ada pesan masuk dari IM3 Ooredoo yang berisi paket kuota edukasi telah aktif.

Dengan adanya paket kuota edukasi ini akan sangat bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang mengikuti proses pembelajaran dari rumah, meskipun mungkin sebagian orang lebih menyukai digratiskan paket internet untuk mengakses hiburan namun kuota edukasi ini dirasa akan lebih berguna.

Demikian pembahasan kali ini, apakah menurut kalian paket ini berguna atau tidak? Sampaikan pendapat kalian melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!