InfoTekno

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia, pemerintah memberlakukan aturan bekerja dan belajar dari rumah. Seiring dengan itu, aplikasi meeting online mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk tetap terhubung dengan pekerjaan dan tugas-tugas sekolah. Dengan hadirnya aplikasi video conference, setiap orang bisa melakukan pertemuan secara virtual tanpa perlu keluar rumah.

Salah satu aplikasi meeting online yang banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan adalah aplikasi Zoom Cloud Meeting. Terhitung, sejak aturan bekerja dan belajar dari rumah diberlukan, pengguna aplikasi ini terus melonjak. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu aplikasi Zoom Cloud Meeting, silahkan disimak pembahasan di bawah.

Apa Itu Zoom Cloud Meeting?

Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk media komunikasi jarak jauh dengan fitur berupa konferensi video, rapat online, hingga chating. Dengan bantuan software ini, memungkinkan kita untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di ruangan yang sama dengan banyak orang.

Zoom telah banyak dipakai oleh instansi perusahaan, para siswa dan guru, hingga pejabat pemerintahan untuk melangsungkan rapat online. Bahkan bisa dibilang, dibandingkan aplikasi meeting online yang lain Zoom menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat. Lantas, apa kelebihan Zoom Cloud Meeting yang membuatnya digemari oleh banyak orang? Pada ulasan di bawah kita akan membahasnya secara lengkap.

Kelebihan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

1. Kapasitas ruang besar

Sebuah aplikasi pertemuan virtual tentu harus bisa menampung banyak partisipan dalam satu sesi konferensi. Seperti rapat pada umumnya, rapat virtual biasanya memiliki jumlah peserta yang cukup banyak.

Nah, aplikasi Zoom Cloud Meeting diklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan serta 10.000 penonton dalam suatu grup atau ruang live video. Angka tersebut tentunya sudah sangat besar karena rata-rata orang mengadakan rapat online paling banyak pesertanya berjumlah ratusan saja.

2. Kualitas video dan suara terbaik

Suatu pertemuan online tentu akan menjadi sangat buruk jika kualitas suara dan resolusi video yang ditampilkan bukan yang terbaik. Bisa-bisa, kita tidak bisa menangkap apa yang lawan bicara ucapkan. Salah satu kelebihan Zoom Cloud Meeting adalah mampu menghadirkan kualitas video yang jernih dan suara yang jelas sehingga akan memudahkan saat sedang berkomunikasi.

3. Tersedia berbagai fitur menarik

Kelebihan yang tak kalah menakjubkan dari aplikasi Zoom Cloud Meeting ialah tersedia berbagai macam fitur-fitur menarik. Anda bisa merekam dan menyimpan video selama meeting berlangsung, mencerahkan warna kulit wajah Anda, mengubah background sesuai dengan yang diinginkan, hingga menjadwalkan pertemuan online. Fitur-fitur ini mungkin hanya akan tersedia pada aplikasi Zoom saja.

4. Mendukung presentasi

Bagi Anda yang ingin menjelaskan atau memahami sebuah materi secara lebih dalam, di dalam aplikasi Zoom Cloud Meeting Anda bisa mempresentasikan file materi kepada partisipan lainnya. Baik partisipan maupun pemateri bisa mencoret-coret presentasi tersebut sehingga akan lebih mempermudah pendalaman materi.

5. Fitur on/off video

Jika di dalam sebuah meeting Anda tidak lagi membutuhkan wajah dan suara Anda untuk ditampilkan, maka Anda bisa mengatur untuk mematikan video dan audio. Kelebihan ini tentu saja akan menjaga privasi Anda tanpa menganggu jalannya sebuah rapat.

6. Tersedia di berbagai macam perangkat

Bagi Anda yang hanya mempunyai ponsel, jangan khawatir. Sebab, aplikasi Zoom Cloud Meeting dapat dijalankan di berbagai perangkat diantaranya HP android, iPhone, PC, atau pun laptop.

Selain memiliki kelebihan, aplikasi Zoom Cloud Meeting ternyata juga mempunyai kekurangan yang berbahaya bagi pengguna. Kira-kira apa saja kekurangan Zoom Cloud Meeting? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

1. Tidak tersedia bahasa Indonesia

Aplikasi Zoom Cloud Meeting menggunakan bahasa Inggris didalamnya, sehingga akan cukup menyulitkan bagi Anda yang kurang memahami bahasa Inggris. Namun ini bukan suatu masalah serius, sebab dengan adanya Google Translate Anda bisa memahami kalimat bahasa Inggris dengan baik.

2. Boros kuota

Biasanya, aplikasi yang menampilkan video akan lebih banyak menguras kuota. Begitupun Zoom Cloud Meeting, jangan heran jika nantinya paket internet Anda berkurang signifikan setelah melangsungkan sesi video conference.

3. Kurang aman

Belakangan ini, aplikasi Zoom Cloud Meeting tengah menjadi pusat perhatian dikarenakan bocornya data-data pengguna ke publik. Bukannya menyimpan rapat-rapat detail pribadi penggunanya, aplikasi ini malah menyerbarluaskan data sensitif seperti wajah, lokasi pengguna, hingga jam login pengguna.

Tak hanya itu saja, Zoom disinyalir juga dapat dengan mudah diakses oleh hacker dengan bantuan software tertentu. Tentunya ini menjadi sebuah kekurangan terbesar Zoom Cloud Meeting, banyak pengguna yang mulai meninggalkannya dikarenakan kekurangan ini.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Zoom Cloud Meeting, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan apakah akan mulai menggunakan Zoom, tetap menggunakan, atau malah meninggalkan aplikasi meeting online ini.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!