JaringanTekno

Jenis Access Point, Fungsi Access Point dan Pengertian Access Point

Jenis Access Point, Fungsi Access Point dan Pengertian Access Point – Saat ini mungkin anda telah sering mendengar istilah access point ketika tepat berada di dekat sebuah sekolah, kampus, hotel, restoran, tempat kerja atau tempat-tempat umum yang lainnya. Access point sering sekali terdengar, terutama ketika kita menggunakan jaringan nirkabel untuk terhubung ke Internet.

Apakah Anda tahu apa itu access point dan apa fungsinya? Di sini kita akan meninjau apa itu access point dan apa kegunaannya.

Apa itu Access Point?

Access point adalah node yang telah dikonfigurasi secara khusus dalam jaringan area lokal nirkabel (WLAN). Access point bertindak sebagai pusat transmisi dan penerima sinyal radio WLAN. Access point sering disebut stasiun pangkalan (base station). Access point adalah perangkat di jaringan yang berisi transceiver dan antena yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal yang dikirim ke dan dari klien jarak jauh/clients remote. Keberadaan klien access point nirkabel (AP) dapat dihubungkan dengan mudah dan cepat ke jaringan LAN kabel nirkabel atau wireless.

Selain itu juga dapat dikatakan sebagai alat yang memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat nirkabel di jaringan kabel melalui Wi-Fi, Bluetooth dan misalnya. Access point nirkabel digunakan untuk menghasilkan jaringan WLAN (jaringan area lokal nirkabel) atau juga untuk meningkatkan jumlah jangkauan jaringan WiFi yang ada (mempergunakan mode bridge).

Access point bertindak sebagai hub / switch yang akan bertindak sebagai perangkat penghubung antara jaringan lokal dan jaringan nirkabel / wireless. Kemudian, pada access point ini, koneksi data Internet akan dikirim atau dipancarkan dengan menggunakan gelombang radio. Sementara itu juga pada ukuran kekuatan sinyal tentunya akan memengaruhi area cakupan yang akan dijangkau nanti. Seperti diketahui bahwa semakin tinggi kekuatan sinyal (ukuran unit adalah dBm atau mW), semakin lebar kisarannya.

Tentu saja, dalam jaringan nirkabel, access point diperlukan, di mana access point ini adalah perangkat yang menggunakan gelombang atau frekuensi radio, tetapi seiring dengan semakin banyaknya access point yang digunakan, semakin sulit bagi administrator jaringan mengelola jaringan.

Oleh karena itu, kami memerlukan sistem yang dapat membantu administrator jaringan mengelola access point / akses jaringan mereka.

Masalah yang dihadapi pada access point adalah perlunya mempertimbangkan faktor internal bangunan, termasuk penetrasi dinding bangunan, penyerapan gelombang radio pada furnitur / peralatan kantor yang ada, dan keberadaan kerugian karena kehadiran banyak orang di sekitar area gedung.

Beberapa pengertian dari access point

  • Access point merupakan sebuah perangkat jaringan yang berisikan transceiver dan antena untuk anda dapat mengirim dan menerima sinyal ke dan dari klien jarak jauh.
  • Access point adalah perangkat, seperti router wireless / nirkabel, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke dalam sebuah jaringan.
  • Access point dalam jaringan komputer adalah access point nirkabel (Access point Nirkabel atau AP) adalah sebuah peralatan komunikasi wireless yang akan memungkinkan untuk dapat sebuah perangkat terhubung ke jaringan nirkabel menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
  • Access point merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membuat koneksi nirkabel di jaringan.

Fungsi Access point

Fungsi access point bersifat skematis, fungsi access point sendiri adalah sebagai pengatur lalu lintas data, yang memungkinkan banyak klien untuk saling terhubung melalui jaringan atau network.

Beberapa kegunaan access point:

  • Konfigurasikan AP agar berfungsi sebagai server DHCP
  • Uji fitur privasi berkabel yang setara atau disebut juga dengan wired equivalent privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA)
  • Kelola akses berdasarkan perangkat akses alamat MAC
  • Sebagai hub / switch yang berfungsi menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless / nirkabel
    Ini adalah beberapa istilah yang terkait dengan access point:

Router

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan lain (baik yang dipergunakan pada LAN ke LAN dan LAN ke WAN) sehingga host dari suatu jaringan dapat berkomunikasi dengan host dari jaringan lain. Kondisi yang disebut router adalah setidaknya ada 2 antarmuka kartu LAN (Ethernet) yang diinstal.

Router sendiri berfungsi sebagai perangkat sambungan antara rangkaian yang berbeda. Jika terdapat paket yang dikirimkan, maka fungsi router akan melaksanakan beberapa proses penting yang termasuk: untuk dapat membuat terjemahan-terjemahan protokol, mengemas kini sebuah jadwal haluan, menghantar paket, paket pembungkusan dan paket pembukaan. Di samping itu, router bertanggungjawab untuk menapis sebuah trafik dengan membenarkan paket-paket data tertentu. Tentunya hal ini akan memperbolehkan anda untuk dapat bertindak sebagai alat perlindungan yang mudah untuk rangkaian anda.

Switch dan hub

Hub dan switch merupakan salah satu dari perangkat yang dipergunakan dalam pembinaan rangkaian komputer yang umumnya terdiri daripada 2 atau lebih komputer. Biasanya, alat ini digunakan dalam pembinaan jaringan Local area network LAN. Topologi yang mengimplementasikan kedua-dua perangkat ini adalah topologi star atau bintang. Inilah penjelasan dari kedua perangkat tersebut.

Hub

Hub adalah perangkat keras komputer dalam rangkaian yang secara konseptual dikendalikan dalam lapisan 1 (Lapisan fisikl). Maksudnya, hub tidak ditapis untuk menerjemahkan terhadap segala sesuatu, ia hanya mengetahui kelajuan pemindahan data dan susunan pin yang ada pada sebuah kabel. Adapun memang cara kerja dari perangkat ini ialah untuk menghantar isyarat paket data kepada semua hub supaya semua peralatan yang berkaitan dengan hub menerima paket data, kecuali peralatan sebagai penghantaran. Isyarat dihantar diulang walaupun paket data sudah berhasil diterima oleh komputer destinasi. Ini menyebabkan fungsi colossion akan lebih kerap terjadi.

Switch

Switch adalah peranti pada rangkaian yang secara konseptual dalam lapisan 2 (Layer Datalink). Maksudnya, switch pada masa menghantar data mengikut alamat MAC di NIC (network interface card) supaya switch mengetahui siapa yang akan menerima paket ini.

Jenis access point

  • Access point Indoor
  • Access point Oudoor
  • Router Access point

Jenis peranti khas yang menghubungkan dari berabagai jenis peranti komunikasi wireless yang membolehkan proses komunikasi antara rangkaian nirkabel atau wireless dan peranti komunikasi tanpa wireless dengan bantuan teknologi nirkabel yang berbeda-beda layaknya WiFi, Bluetooth dan lebih banyak berkaitan dengan teknologi. Ini biasanya dikenali sebagai WAP atau access point tanpa wireless access point.

Wireless Access point pada asasnya direka untuk kawasan terbuka dan, jauh dari akses ke kawasan Internet, mereka boleh mengambil kesempatan seperti halnya mempergunakan akses Internet pada kecepatan yang begitu tinggi dan berhubung dengan orang lain untuk peningkatan bisnis yang paling baik. wireless access point sendiri mempergunakan teknologi sirkuit untuk menyambung komputer dengan rangkaian tanpa nirkabel dengan bantuan router untuk berkomunikasi.

Demikian adalah informasi mengenai jenis access point, fungsi access point dan pengertian access point. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih

Seberapa bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Tags

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button