ShopeePayTutorial

Cara Daftar ShopeePayLater dan Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Daftar ShopeePayLater dan Cara Mengaktifkan ShopeePay Later – Setelah membuat dompet digital ShopeePay, kini Shopee kembali meluncurkan fitur terbarunya yang diberi nama ShopeePayLater. Fungsinya mirip seperti OVO Paylater ataupun Traveloka Paylater yang memberikan pinjaman instan kepada pengguna yang sudah memenuhi persyaratan. Ternyata, tidak semua pengguna Shopee bisa menikmati layanan terbaru ini. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara daftar ShopeePayLater sampai cara aktivasinya.

Apa itu ShopeePayLater?

ShopeePayLater adalah metode pembayaran secara kredit yang diberikan oleh Shopee, dimana pembeli bisa membayar barang belanja secara dicicil/cicilan tanpa menggunakan kartu kredit ataupun aplikasi kredit digital seperti Akulaku maupun Kredivo. Singkatnya, dengan memakai ShopeePayLater Anda bisa melakukan pembelian produk di Shopee walaupun sedang tidak mempunyai uang karena bisa dibayar nanti.

Untuk opsi cicilannya, Shopee akan memberikan Anda limit kredit senilai Rp 750.000 yang bisa dibayar dalam 1 bulan tanpa bunga alias bunga 0%, 2 bulan, serta 3 bulan. Namun, jika Anda merasa limit kredit yang diberikan masih terlalu kecil, maka Anda bisa mengajukan penambahan limit kredit dari Shopee. Untuk tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan, Shopee mematok tanggal 5 dan 11 setiap bulannya.

Kenapa menu ShopeePay Later tidak muncul di Aplikasi?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tidak semua pengguna Shopee mendapatkan layanan ShopeePayLater. Hanya pengguna-pengguna terpilih saja yang telah memenuhi persyaratan khusus bisa menikmati layanan ini. Pasalnya, fitur ShopeePayLater tergolong masih baru, jadi sangat wajar jika hanya beberapa orang saja yang terpilih. Mungkin kedepannya, tidak menutup kemungkinan fitur ini bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Shopee bahkan pengguna baru sekalipun.

Syarat Mengaktifkan Shopee PayLater

Adapun syarat untuk mengaktifkan dan cara mendapatkan fitur ShopeePayLater adalah sebagai berikut:

  • Usia akun Shopee harus sudah di atas 3 bulan
  • Akun Shopee telah melalui tahap verifikasi, mulai dari verifikasi email, nomor handphone, hingga KTP
  • Akun Shopee sering digunakan untuk bertransaksi dan belanja rutin
  • Selalu melakukan update aplikasi Shopee ke versi terbaru
  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 17 tahun dan telah memiliki KTP

Jadi secara garis besar, untuk dapat menikmati fitur ShopeePayLater maka akun Shopee Anda harus sudah lama digunakan, memiliki banyak transaksi didalamnya, serta mempunyai reputasi bagus. Bila sudah memenuhi persyaratan di atas, maka secara otomatis pihak Shopee akan memberikan layanan ini kepada Anda dengan ditandai munculnya menu ShopeePayLater di dalam akun.

Cara Daftar dan Mengaktifkan Shopee PayLater

Setelah Anda merasa persyaratan untuk memperoleh fitur ShopeePayLater telah Anda penuhi, maka Anda perlu melakukan registrasi atau pendaftaran untuk mulai menggunakan layanan ini. Berikut ini adalah panduan lengkap cara daftar ShopeePayLater dan mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Shopee Anda
  2. Kemudian klik menu Saya di pojok kanan bawah
  3. Pilih opsi ShopeePayLater
  4. Klik Aktifkan Sekarang
  5. Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode OTP untuk keperluan verifikasi yang dikirimkan oleh pihak Shopee ke nomor hp Anda
  6. Masukkan kode OTP tersebut, lalu klik Lanjut
  7. Di halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengupload foto KTP. Posisikan KTP Anda pada frame yang tersedia lalu ambil foto
  8. Setelah mengunggah foto KTP, isi kolom Nama dan NIK kemudian klik Konfirmasi
  9. Setelah itu, akan muncul informasi tambahan yang harus Anda isi diantaranya nama ibu kandung, tingkat pendidikan, industri, pekerjaan, penghasilan bulanan, nama, relasi, serta nomor hp. Setelah semua data terisi, klik Konfirmasi
  10. Tahap selanjutnya adalah verifikasi wajah. Klik Mulai Verifikasi Wajah lalu arahkan wajah Anda ke dalam frame yang terdapat dalam aplikasi, serta pastikan ruangan tempat Anda mengambil gambar terdapat cahaya
  11. Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, maka tinggal menunggu proses aktivasi disetujui. Nantinya, bila aktivasi disetujui Anda akan mendapat notifikasi bahwa Anda telah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater.

Setelah sukses melakukan pendaftaran dan aktivasi, maka ShopeePayLater sudah siap untuk Anda gunakan membeli keperluan mendadak sekalipun. Akan tetapi, Shopee PayLater ini memiliki kekurangan yakni tidak bisa membeli produk dari kategori voucher. Jadi, jika Anda ingin membeli voucher belanja atau gratis ongkir maka tidak bisa menggunakan ShopeePay Later.

Tapi tenang saja, Shopee PayLater tetap bisa digunakan untuk membeli berbagai produk digital seperti pulsa, tagihan listrik, paket data, BPJS, telkom, PDAM, tiket kereta api, tiket pesawat, tiket bus & travel, TV kabel & internet, pasca bayar, serta roaming. Jadi, untuk Anda yang sering membeli produk-produk digital maka tidak perlu khawatir, kini Anda sudah bisa menggunakan fitur Shopee PayLater untuk beli sekarang dan bayar nanti.

Demikian artikel kali ini yang membahas cara daftar ShopeePayLater dan mengaktifkan Shopee PayLater. Semoga bisa bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik. Bila ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mengajukannya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Tag

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close