TeknoTutorial

Cara Buat Meeting di Google Meet Hangouts Untuk Rapat

Cara Buat Meeting di Google Meet Hangouts Untuk Rapat – Seiring dengan langkah pemerintah yang mulai memberlakukan Work From Home (WFH) guna mengantisipasi penyebaran virus corona, banyak perusahaan teknologi yang menyediakan media berkomunikasi secara tatap muka langsung. Hal ini dilakukan supaya perusahaan tetap dapat menjalankan bisnisnya meskipun para karyawan harus bekerja dari rumah.

Dengan memanfaatkan platform video conference atau meeting online, pertemuan untuk membahas hal-hal penting terkait pekerjaan tetap bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Nah, salah satu platform yang bisa digunakan untuk melakukan meeting online adalah Google Meet milik perusahaan teknologi ternama yakni Google.

Apa itu Google Meet?

Google Meet adalah sebuah software konferensi percakapan video secara online yang merupakan versi lain dari Google Hangouts. Menariknya, Google Meet mampu menampung hingga 250 peserta dalam satu sesi konferensi. Tak hanya itu, siaran langsung suatu konferensi juga dapat ditonton hingga lebih dari 100 ribu orang. Untuk itu, kehadirannya dinilai bisa menjadi alternatif terbaik untuk melakukan rapat kerja atau hanya sekedar bersosialisasi dengan rekan kantor.

Sejatinya, fitur dari Google Meet ini hanya bisa diakses secara berbayar. Namun, untuk membantu para pekerja yang bekerja dari rumah pihak Google menggratiskan layanannya ini hingga 1 Juli 2020.

Google Meet terintegrasi sepenuhnya dengan G Suite sehingga lebih memudahkan setiap orang untuk bergabung ke suatu rapat online. Hanya dengan undangan yang dikirim via email, dari acara kalender, atau melalui kode rapat dan tautan yang dikirim, para pekerja bisa berpartisipasi pada video conference dari Google Meet.

Selain itu, pengguna yang memakai Skype for Business atau sistem rapat berbasis standar SIP dan H.323 (seperti Polycom dan Cisco), dapat bergabung dengan mudah di pertemuan Google Meet melalui platform Pexip Infinity. Menariknya lagi, Google Meet tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna desktop saja, melainkan para pengguna ponsel pun dapat menikmati software ini juga. Lalu, bagaimana cara buat meeting di Google Meet untuk rapat? Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Buat Meeting di Google Meet

Berbagai kemudahan diberikan oleh Google untuk memulai video rapat online di Google Meet, selain dapat dioperasikan di perangkat apapun, pengguna juga bisa memilih browser yang paling disukai tanpa terkecuali (contohnya Chrome, Mozilla Firefox, Safari, atau pun Microsoft Edge). Pengguna ponsel Android dan iPhone bisa membuat meeting atau bergabung dengan rapat menggunakan aplikasi Google Meet yang dapat didownload di Play Store dan App Store.

Sebelum memulai rapat, pastikan kamera dan mikrofon sedang dalam keadaan aktif. Selain itu, untuk memaksimalkan tampilan Anda bisa setting kualitas video ke resolusi tinggi. Namun tentunya hal tersebut akan menguras cukup banyak kuota, jika Anda tidak mau maka cukup atur resolusi video menjadi standar. Setelah mengetahui beberapa hal di atas, kini saatnya masuk ke tahap tutorial Google Meet untuk membuat rapat online. Cara buat meeting di Google Meet dibagi menjadi dua, yakni menggunakan HP dan memakai PC atau laptop. Langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Cara Membuat Meeting Online Melalui PC dan Laptop

  • Buka situs https://meet.google.com
  • Kemudian klik tombol “Start a meeting”Cara Menggunakan Google Meet
  • Setelah itu situs akan meminta izin untuk mengaktifkan dan mengakses kamera serta mikrofon PC Anda. Beri izin supaya ruang meeting virtual terbuka
  • Selanjutnya, untuk membuat meeting online bisa langsung mengklik opsi “Join Now”. Sementara opsi sebelahnya yang bertuliskan “Present” berfungsi untuk melakukan presentasi melalui tampilan layar PC atau desktopTutorial Google Meet
  • Selesai, ruang meeting untuk rapat telah siap digunakan. Langkah berikutnya Anda tinggal mengundang peserta rapat lainnya dengan cara memberikan link video conference ke orang yang ingin Anda undang. Selain menggunakan cara tersebut, Anda pun bisa menambah peserta rapat dengan memakai alamat email.

2. Cara Membuat Meeting Online di HP

  • Download aplikasi “Google Meet” gratis di Play Store atau pun App Store
  • Buka aplikasi Google Meet di ponsel Anda
  • Kemudian Anda akan diminta untuk Sign Up atau daftar menggunakan email Gmail
  • Setelah Sign Up, Anda dapat langsung membuat meeting online dan grup chat. Untuk caranya sendiri, cukup tekan “+ New meeting” yang letaknya di bagian bawah aplikasi
  • Berikutnya, Anda bisa menambahkan peserta meeting dengan memberikan link video conference kepada orang yang ingin Anda undang. Selain itu, setiap orang juga bisa bergabung di ruang meeting yang Anda buat jika mereka menuliskan kode meeting milik Anda.
  • Sekedar catatan, jika orang yang Anda undang ke dalam meeting online tidak mempunyai akun G Suite, maka ia harus mendapat persetujuan dari peserta lain yang telah bergabung.

Google Meet bisa menjadi solusi terbaik bagi perusahaan yang saat ini tengah memberlakukan aturan Work From Home bagi para pekerjanya. Mereka tetap bisa menjalankan bisnis dan mengadakan rapat terkait pekerjaan menggunakan software canggih yang dirancang oleh Google ini.

Itulah sedikit informasi mengenai cara buat meeting di Google Meet untuk rapat, semoga apa yang dijelaskan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini supaya Anda tidak ketinggalan informasi-informasi penting lainnya.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!