SmartfrenTutorial

Cara Aktifkan eSIM Smartfren di HP Android

Cara Aktifkan eSIM Smartfren di HP Android – Buat anda pengguna smartphone flagship dari Samsung, seperti seri Samsung Galaxy S20 series mulai dari Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, Samsung Galaxy Ultra dan Samsung Galaxy FE dan juga seri lain seperti Samsung Galaxy Fold dan Samsung Galaxy Flip.

Anda harus menggunakan teknologi eSIM (embedded SIM) yaitu teknologi baru dari kartu SIM dimana kita bisa menggunakan jaringan telekomunikasi tanpa perlu memasukan kartu sim fisik ke dalam smartphone.

Untuk Samsung S20 Series sendiri sebenarnya mempunyai opsi slot sim hybrid dimana anda bisa menggunakan dual nano sim tanpa microSD tambahan atau single nano sim dengan microSD dan anda masih bisa menggunakan dual SIM dengan menggunakan eSIM di SIM kedua.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy Fold dan Z Flip anda hanya bisa menggunakan eSIM sebagai SIM kedua tidak ada opsi dual nano sim karena hanya tersedia single slot nano sim.

Intinya untuk bisa memaksimalkan dual sim untuk S20 series dan tetap bisa memasang microSD atau menggunakan dual sim di Galaxy Fold dan Z Flip anda perlu mengaktifkan eSIM.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial untuk melakukan aktifkasi eSIM Smartfren di smartphone android dalam hal ini baru Samsung seri flagship yang mendukung teknologi eSIM yang resmi beredar di Indonesia dan juga baru Smartfren provider yang mendukung teknologi eSIM di Indonesia.

Cara Aktivasi eSIM Smartfren di HP Android

  1. Yang pertama harus anda lakukan anda membeli eSIM Smartfren. Anda bisa beli di galeri smartfren, konter-konter terdekat atau membelinnya di ecommerce online.
  2. Jika barang eSIM Smartfren sudah ditangan silakan dibuka anda akan melihat kode QRnya atau jika anda beli online anda akan diberikan kode QR secara langsung setelah melakukan pembelian.
  3. Masuk ke smartphone Samsung Galaxy teman-teman dan pastikan smartphone terkoneksi dengan internet bisa pakai seluler atau jaringan wifi yang tersedia.
  4. Jika sudah ada akses internet, masuk ke menu Pengaturan lalu pilih menu Koneksi, masuk lagi ke menu Pengelola kartu SIM, lalu pilih Tambahkan paket seluler terakhir pilih yang Tambahkan menggunakan QR Code.
  5. Silakan pindai kode QR eSIM Smartfren yang sudah kalian beli tadi dengan smartphone kalian.
  6. Jika berhasil akan keluar menu tampilan untuk menambahkan mobile plan, silakan ditekan OK.
  7. Sampai sini proses aktivasi eSIM Smartfren di smartphone anda sudah berhasil. Anda bisa melihat profile SIM anda di menu Pengelola kartu SIM.
  8. Proses selanjutnya anda tinggal melakukan registrasi nomor smartfren anda seperti biasanya menggunakan NIK dan Nomor Kartu Keluarga.

Cara diatas berdasarkan menu pengaturan di smartphone Samsung, karena untuk saat ini di Indonesia baru seri atas dari Samsung yang menggunakan eSIM. Untuk smartphone android lain yang kedepannya mungkin mulai banyak yang support eSIM, untuk cara aktivasi kurang lebihnya akan sama. Untuk menscan kode QR eSIM smartfren tentunya masuk ke menu jaringan/koneksi/seluler dan cari menu untuk menambahkan selular dan pilih opsi melalui scan kode QR.

Smartfren sendiri sudah memberikan pernyataan bahwa eSIM mereka selain mendukung pengguna iOS juga mendukung dengan pengguna smartphone Android.

Harga Paket Kuota Internet eSIM Smartfren

Untuk harga eSIM smartfren ini tergantung dari jenis bundling paket (starter pack) yang anda pilih. Karena ada yang menawarkan paket unlimited dan paket kuota semua tergantung dari yang anda beli.

  • PowerUP 12GB, Rp68.000
  • PowerUP 24GB, Rp118.000
  • PowerUP 45GB, Rp180.000
  • Unlimited, Rp85.000
  • Kuota Nonstop, Rp70.000

Catatan penting lainnya yang perlu anda ketahui:

  • Anda hanya dapat menggunakan satu profil akun eSIM smartfren ini untuk satu device android anda. Jadi jika anda sudah menscan eSIM dengan smartphone android anda. Anda tidak bisa memindahkan ke smartphone lain dengan begitu saja (anda perlu ke galeri smartfren untuk meregistrasi ulang dan mendapatkan kode QR baru dengan nomor yang sama).
  • Penting untuk menyimpan kode QR di kemasan eSIM yang anda beli atau minimal menfoto kode QR-nya agar bisa digunakan lagi jika anda perlu logout akun eSIM dismartphone android anda.

Itu dia tentang cara untuk mengaktifkan eSIM Smartphone di ponsel android dalam hal ini Samsung Galaxy Series yang saat ini baru support. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat sampai jumpa.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button