Jaringan

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Jarak Jauh dan Fungsinya

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Jarak Jauh Terbaik dan Fungsinya – Dalam artikel ini kita akan belajar tentang jenis-jenis antena pemancar nirkabel yang sering kali dipergunakan, dan juga apa fungsi yang ada pada antena tersebut.

Pengertian Antena

Di bidang elektronik, definisi antena adalah perangkat pengubah atau struktur transmisi antara gelombang terpandu (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Dalam antena saat ini, salah satu elemen penting yang harus ada di perangkat seperti teleskop radio, televisi, radar dan perangkat komunikasi lain yang menggunakan sinyal, antena hanyalah alat untuk mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik.

Fungsi antena

Fungsi antena ialah untuk dapat merubah sinyal listrik menjadi sebuah sinyal elektromagnetik, kemudian setelah itu dapat untuk dipancarkan ( sehingga nantinya dapat melepaskan energi elektromagnetik ke udara / ruang bebas), dan sebaliknya, selain itu antena juga dapat bekerja untuk menerima sinyal elektromagnetik (menerima energi elektromagnetik ruang kosong) dan mengubahnya dalam sinyal listrik.

Jenis Antena Pemancar WiFi

Bentuk antena WiFi bervariasi sesuai dengan desain, frekuensi dan pola distribusi gain. Karena antena adalah bagian terpenting dari pemancar atau penerima yang memiliki fungsi sebagai penyalur sinyal. Jadi untuk itu kita harus tahu dan kita juga harus bisa membedakan jenis antena Wi-Fi sehingga nanti ketika Anda membeli antena Wi-Fi itu tidak buruk.

Nah, Bagi kamu yang sedang mencari info antena wifi jarak jauh sebaiknya kenali dulu macam jenis antena pemnacar wifi dan fungsiny berikut ini:

1. Antena Grid

Antena Wifi Grid

Yang pertama ialah antena grid, antena nirkabel yang memiliki bentuk jaringan yang populer digunakan untuk melakukan penembakan sinyal Wi-Fi jarak jauh, karena pola berkas sinar antena lebih fokus pada titik tertentu tergantung pada pemasangannya. Untuk jangkauan atau cakupan antena jaringan, antena hanya berada pada arah yang sama, jadi antena jenis ini tidak bisa sendirian, harus dilengkapi dengan antena pemancar yang dipasang di tempat lain. Antena jaringan memiliki dua frekuensi, 2,4 GHz dan 5,8 GHz.

Baca Juga
Fungsi Router, Jenis Router & Pengertian Router Dalam Jaringan Internet

2. Antena Omni / Omnidirectional

Antena Wifi Omni

Antena omni ini sendiri memiliki bentuk tongkat, tetapi memiliki ukuran kecil. Antena ini umumnya digunakan sebagai pemancar karena jangkauan antena lebih luas jika dibandingkan dengan sebuah antena GRID, jangkauan antena ini meluas ke segala arah dan membentuk lingkaran, sehingga sering kali dipergunakan sebagai antena radio. Antena ini juga nyatanya begitu cocok untuk digunakan sebagai P2MP (point to multipoint) di jaringan nirkabel, dan juga sangat cocok untuk titik akses.

Selain itu, antena ini juga digunakan untuk area yang luas namun jarak pendek. Karena antena Omni ini menjangkau area yang luas, sangat mungkin bahwa sinyal lain yang tidak diinginkan sama-sama dikumpulkan. Karena itu, antena omni akan menimbulkan gangguan.

3. Antena Sectoral

Antean Wifi Sectoral

Antena sectoral ini bekerja hampir seperti antena omni, yang juga dipergunakan untuk jalur akses untuk melayani point to multipoint (P2MP). Tetapi antena sektor memiliki gain yang jauh lebih besar daripada omni, sehingga mereka memiliki jangkauan sampai dengan 6-8 km. Sudut sinar antena sektoral ini adalah 45-180 derajat dan dengan pemasangannya harus dianggap tidak maksimal dalam difusi sinyal.

Dalam pemasangan antena sektoral ada dua jenis, pola balok horisontal dan vertikal. Dalam antena ini, sinyal memancarkan terutama ke arah mana antena ini diarahkan sesuai dengan jangkauan berkas, tetapi tidak ada sinyal emisi di bagian belakang antena. Antena sektor ini, jika dipasang di atas, akan jauh lebih menguntungkan karena bisa menerima sinyal yang baik di suatu sektor atau wilayah. Antena sektor ini sendiri memang biasanya digunakan di menara GSM.

4. Antena Yagi

Antean Wifi Yagi

Antena Yagi memiliki bentuk yang mirip dengan antena jaringan, antena ini juga memiliki jangkauan searah. Tetapi perbedaan utama antara antena Yagi dan antena Grid adalah bahwa mereka jarang dipergunakan pada sebuah jaringan. Antena ini sendiri terdiri atas 3 bagian, yang meliputi penggerak, reflektor, dan director. Powered adalah titik pasokan kabel antena.

Baca Juga
Jenis Access Point, Fungsi Access Point dan Pengertian Access Point

Panjang yang dikelola secara fisik umumnya setengah dari panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dikirim. Reflektor adalah bagian belakang antena yang digunakan untuk anda dapat memantulkan sinyal. Panjang fisik reflektor biasanya akan lebih panjang daripada yang digerakkan. Sedangkan director adalah bagian arah antena. Bagian ini lebih pendek dari sebuah driven.

5. Antena PVC

Antean Wifi Pipa PVC

Antena ini juga disebut sebagai antena PVC karena antena ini terbuat dari pipa PVC yang setelah itu dapat dilapisi dengan mempergunakan aluminium foil. Antena ini memang sebuah pengembangan dari antena kaleng yang sering teroksidasi ketika dipasang di area luar atau eksterior. Keuntungan dari antena ini adalah tahan cuaca, tidak berkarat dan sangat mudah dipasang. Antena WiFi ini juga nyatanya dapat dipergunakan untuk jarak yang amat pendek, yaitu 200 – 300 m.

6. 8 antena Quad

Antena 8 Quad adalah jenis antena sektor. Karena pola radiasi antena yang dipancarkan berada dalam satu arah dengan sudut arah. Antena 8 Quad cocok untuk titik akses antena di mana pelanggan berada di area tertentu.

7. Antena Bolic Wok

Antena yang disahkan oleh pemerintah pada 2005 dinamai Bolic Griddle karena antena ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan parabola. Antena ini cukup sederhana karena bahan yang digunakan untuk cakram parabola menggunakan panci atau alat dapur yang sering digunakan untuk menggoreng. Antena grid Bolic digunakan untuk memperkuat sinyal nirkabel dari titik akses karena terlalu jauh atau sulit diterima oleh adaptor nirkabel USB jika hanya terhubung langsung ke PC ataupun laptop.

8. Antena Parabolic

Antena Wifi Parabolic

Parabola (solid disk): mempunyai fungsi dan frekuensi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih baik dari jarak jauh atau pun fokus daripada antena jaringan. Antena solid disk biasanya digunakan untuk aplikasi point to point dan outdor pointing..

Baca Juga
Fungsi Modem, Jenis Modem dan Pengertian Modem

Di atas adalah informasi mengenai macam jenis antena pemancar wifi jarak jauh terbaik terbaru saat ini yang sering digunakan untuk menangkap dan menerima sinyal wifi jarak jauh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tags

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button