InfoXL Axiata

Pengertian XL Prabayar Dan Kelebihan Kartu XL Prabayar

Pengertian XL Prabayar Dan Kelebihan Kartu XL Prabayar – Kartu XL prabayar yang selama ini digunakan oleh Anda dalam handphone Anda untuk berkomunikasi ternyata memiliki banyak kelebihan. Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Seiring berkembangnya teknologi, para ilmuwan mulai menciptakan alat komunikasi baru untuk berhubungan jarak jauh dengan teman maupun keluarga, yang dimana alat tersebut bernama handphone.

Tidak seperti telepon konvensional yang hanya dapat digunakan di suatu tempat, handphone dapat digunakan secara mobile karena tidak terhubung dengan kabel.

Hanphone lebih praktis karena bentuknya yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Untuk menggunakan hanphone sebagai alat komunikasi baik itu untuk melakukan panggilan telepon ataupun mengirim pesan maka diperlukan kartu telepon yang berisi nomor dan harus diisikan pulsa sebagai alat pembayarannya.

Jenis Kartu SIM pada HP

Kartu SIM, begitu sebutannya, terbagi atas dua jenis yaitu:

1. Kartu prabayar

Kartu seluler dengan sistem pembelian pulsa terlebih dahulu baru dapat digunakan untuk melakukan komunikasi.

2. Kartu pascabayar

Kartu pascabayar memungkinkan penggunanya untuk memakainya terlebih dahulu untuk keperluan komunikasi mereka dengan pembayaran tagihan di akhir. Biasanya tagihan akan dikirimkan di tanggal tertentu setiap bulannya.

Apa itu Kartu XL Prabayar?

XL sebagai salah satu provider terbesar di Indonesia yang berdiri pada tanggal 6 Oktober 1989 di bawah naungan PT XL Axiata ini, juga menyediakan beberapa produk dan layanan untuk membantu komunikasi jarak jauh, salah satunya adalah kartu XL prabayar. Apa sih sebetulnya pengertian kartu XL Prabayar itu?

Kartu XL Prabayar merupakan produk dari PT XL Axiata yang dikeluarkan untuk kebutuhan komunikasi seluler masyarakat Indonesia dengan sistem pembayaran di muka.

Karena sistem pembayaran di muka, maka pengguna kartu XL prabayar harus mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum digunakan untuk keperluan komunikasi mereka seperti melakukan panggilan telepon maupun melakukan pengiriman pesan.

Kelebihan Kartu XL Prabayar

Beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh jika Anda menggunakan kartu XL prabayar untuk kebutuhan komunikasi Anda antara lain:

1. Lebih praktis

Menggunakan kartu XL prabayar lebih praktis karena Anda hanya tinggal mengisi pulsa dan menggunakannya saja. Tidak perlu khawatir dan penasaran akan tagihan yang muncul kemudian.

2. Lebih bebas

Jika Anda menggunakan kartu XL prabayar, Anda juga lebih bebas menggunakannya sesuai dengan pulsa yang telah Anda isikan.

3. Kemudahan registrasi

Registrasi kartu XL prabayar juga sangat mudah, Anda bisa melakukannya secara mandiri dari rumah.

4. Mengontrol Pemakaian

Dengan menggunakan kartu XL prabayar Anda dapat mengontrol pemakaian pulsa dan juga dapat menyesuaikan budget pulsa bulanan Anda.

Cara Melakukan Pendaftaran atau Registrasi Kartu XL Prabayar

Sebelum menggunakan kartu XL prabayar, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran atau registrasi.

Sesuai dengan ketetapan dari pemerintah, registrasi kartu seluler harus menggunakan identitas asli yaitu KTP dan KK, yang dimana 1 NIK KTP hanya bisa digunakan untuk maksimal pendaftaran 3 kartu seluler.

Tujuan dilakukannya registrasi kartu XL prabayar adalah supaya kartu tersebut memiliki identitas resmi yang jelas sesuai dengan pemiliknya.

2 cara untuk melakukan registrasi kartu XL prabayar adalah:

1. Dilakukan secara mandiri dari rumah

Sebelum melakukan registrasi kartu XL prabayar, Anda harus menyiapkan no KK dan NIK KTP Anda untuk pengisian datanya.

Registrasi kartu XL prabayar dapat dilakukan dari rumah secara mandiri dengan cara:

  • Masuk ke menu “Pesan” di HP Anda
  • Buat pesan baru ke nomor 4444
  • Ketikkan format berikut ini: DAFTAR#NIK#nomorKK
  • Kirim SMS dan tunggu notifikasi keberhasilan registrasi dari operator
  • Kartu XL prabayar Anda siap digunakan untuk komunikasi

Pendaftaran atau registrasi kartu XL prabayar melalui  SMS ke nomor 4444 tidak dipungut biaya alias gratis atau tidak memerlukan pulsa.

2. Mendatangi XL Center untuk dibantu registrasi oleh petugas customer service XL

Cara yang kedua untuk melakukan registrasi atau pendaftaran kartu XL prabayar Anda adalah dengan cara mendatangi langsung XL Center terdekat di kota Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan dokumen berupa KK dan KTP Anda
  • Bawa HP dan kartu XL prabayar Anda
  • Datangi XL Center terdekat di kota Anda
  • Sampaikan pada petugas (security) jika Anda ingin melakukan registrasi kartu XL prabayar
  • Petugas akan memberikan nomor antrian kepada Anda
  • Setelah sampai ke petugas customer service XL Center, sampaikan bahwa Anda bermaksud ingin melakukan pendaftaran atau registrasi kartu XL prabayar Anda
  • Serahkan kartu XL prabayar Anda, dokumen yang diperlukan yaitu KK dan KTP Anda
  • Petugas akan membantu Anda untuk melakukan registrasi
  • Setelah proses selesai, Anda dapat menggunakan kartu XL prabayar Anda untuk mulai melakukan komunikasi sesuai kebutuhan Anda

Sebagaimana pendaftaran secara mandiri lewat SMS ke nomor 4444, pendaftaran melalui customer service di XL Center juga gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Kesimpulan

Itulah uraian lengkap mengenai kartu XL prabayar, cara pendaftaran serta kelebihannya.

Semoga informasi tadi dapat membantu menambah pengetahuan Anda terkait kartu XL prabayar.

Jangan lupa untuk selalu mengisi pulsa secara rutin supaya masa aktif kartu XL prabayar Anda tetap ada dan dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan lancar.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!