TRITutorial

Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan – Paket internet dari layanan Tri biasanya menawarkan kuota nasional dan juga kuota lokal, nah untuk kamu pengguna Tri terkadang mengalami masalah saat kuota nasional sudah habis.

Dimana hanya tersisa kuota lokal, tapi kamu tidak bisa menggunakannya. Di pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan cara mengatasi kuota lokal Tri yang tidak bisa digunakan.

Simak sampai habis artikel ini.

Apa Itu Kuota Lokal Tri?

Kuota lokal Tri merupakan kuota yang hanya bisa digunakan di tempat kamu membeli paket atau voucher data, biasanya kuota lokal ini tidak dijual secara terpisah melainkan satu paket saat kamu membeli paket internet yang dimana kuota lokal sudah include didalamnya.

Pengguna provider Tri pasti sudah tahu apa keunggulan dari kuota lokal ini, ya tentu saja kuota lokal Tri ini memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang kuota reguler atau pun kuota nasional pada umumnya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa kuota lokal ini merupakan jenis kuota yang hanya tersedia dalam pilihan paket tertentu, yaitu HAPPY dan AlwaysON.

Area yang mendapatkan kuota lokal ini, bisa dicek melalui kuotalokal.tri.co.id. Lalu, apa bedanya paket HAPPY dan AlwayON? HAPPY merupakan produk yang ditawarkan secara khusus untuk para pelanggan prabayar.

Sementara, AlwaysON merupakan jenis paket data dengan masa berlaku tanpa batas karena menyesuaikan dengan masa aktif dari kartu pelanggan, dan bisa digunakan di semua jaringan Tri selama 24 jam.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa kuota lokal ini hanya bisa kamu dapatkan jika membeli produk paket HAPPY atau AlwaysON di area yang sudah ditentukan.

Jadi, jika kamu membeli produk HAPPY atau AlwaysON di area yang nggak termasuk dalam daftar ketentuan, maka kuota lokal tersebut nggak akan kamu dapatkan.

Biasanya, jumlah kuota lokal yang terdapat di dalam masing-masing paket HAPPY maupun AlwaysON juga berbeda-beda karena dihitung sebagai bonus.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Berikut ini beberapa cara untuk kamu bisa mengatasi kuota lokal Tri yang tidak bisa digunakan untuk berinternet berdasarkan laman dan tweet resmi dari Tri.

1. Mengecek Lokasi

Seperti yang sudah disebtukan sebelumnya, kuota lokal Tri hanya dapat digunakan di jaringan tertentu.

Ketika kamu berada di luar zona promo, maka kuota lokal tersebut tidak akan bisa digunakan.
Untuk memastikan apakah berada di zona promo atau tidak, kamu bisa melihat lewat situs web Tri dengan cara di bawah ini:

  • Buka peramban di perangkatmu dan masukkan alamat kuotalokal.tri.co.id/home
  • Masukkan lokasi kamu di kolom yang tersedia dan tekan ‘Enter’.
  • Setelah itu akan muncul hasil berupa informasi kuota apa saja yang bisa digunakan di lokasi tersebut.
  • Selesai.

2. Mengecek Masa Aktif Paket Internet

Penyebab kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan adalah masa aktif paket Internet dengan bonus kuota lokal tersebut habis.

Kamu bisa mengecek masa aktif paket Internet lewat USSD *123# atau di aplikasi Bima+. Jika penyebabnya adalah masa aktif paket Internet habis, kamu bisa membeli paket lagi untuk dapat menggunakan kuota lokal Tri.

3. Mengubah Pengaturan Jaringan di Ponsel

Metode selanjutnya adalah mengubah pengaturan jaringan menjadi 4G/LTE Only dengan cara di bawah ini:

  • Buka pengaturan ponsel.
  • Arahkan ke bagian ‘Jaringan Selular’.
  • Cari bagian ‘Mode Jaringan’ dan pilih ‘4G/LTE Only’.
  • Selesai.

4. Melaporkan ke Trivia

Ketika sudah mengikuti petunjuk di atas, tetapi masih terjadi masalah pada kuota lokal Tri. Kamu bisa melaporkan ke Trivia dengan cara:

Cara Cek Kuota Lokal Tri

Sebagai informasi untuk kamu yang belum paham gimana cara cek kuota lokal Tri, kamu bisa pilih salah satu dari ketiga cara di bawah ini:

Melalui Aplikasi bimaTri

  • Buka aplikasi bimaTri yang telah diinstal di smartphone kamu.
  • Login ke akun Tri kamu jika diperlukan.
  • Biasanya sisa kuota akan tercantum di bagian halaman depan, lalu tekan “Lihat Detail” untuk menampilkan lebih detail kuota apa saja yang masih tersisa banyak.

Melalui USSD *123#

  • Buka ikon memanggil pada smartphone kamu.
  • Ketik *123# pada layar dial dan tekan tombol panggil.
  • Pilih opsi “info” untuk mengecek sisa kuota.
  • Pilih “info kuota” untuk melihat informasi sisa Kuota Lokal Tri.
  • Tunggu beberapa menit karena permintaanmu akan segera diproses.

Melalui SMS

  • Ketik INFO KUOTA pada kolom pesan teks.
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 234.
  • Kamu akan menerima balasan yang berisi informasi sisa kuota lokal Tri.

Kesimpulan

Penyedia paket internet Tri memberikan layanan yang sangat menguntungkan bagi penggunanya, dengan adanya kuota lokal ini kamu sebagai pengguna bisa menghemat pengeluaran uang untuk pembelian paket internet.

Harganya yang murah menjadikan provider ini memiliki keunggulan tersendiri, jika terjadi kendala saat menggunakan kuota lokal. Kamu bisa menggunakan metode metode diatas untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Sekian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!