JaringanTekno

Pengertian, Jenis dan Fungsi Kabel STP serta kelebihannya

Kabel Stp Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah satu dari sekian banyak kabel internet yang dapat digunakan di dalam sebuah jaringan.

Pada artikel ini kita akan sama-sama belajar mengenai pengertian, fungsi, jenis, kelebihan dan juga kekurangan dari kabel STP ini.

Tanpa berlama-lama yuk lanjut ke pembahasannya

Pengertian Kabel Stp

Kabel STP merupakan jenis kabel yang dirancang untuk mengurangi sinyal interferensi di suatu tempat yang mana tempat tersebut kemungkinan besar banyak sekali gangguan ataupun perangkat elektronik yang mengandung elektromagnetik.

Kabel ini memiliki lapisan pelindung tambahan yang dapat melindungi aliran data dari interferensi ataupun gelombang radio lain.

Shield atau pengaman di dalam kabel STP umumnya terbuat dari bahan metal seperti aluminium atau tembaga. Yang mana, pelindung tersebut membungkus kabel dan melindungi kabel secara keseluruhan.

Dengan itu, kabel STP akan sangat berbeda dengan kabel UTP yang tidak memiliki lapisan pelindung.

Macam Jenis Kabel Stp

Kabel STP memiliki beberapa jenis kabel yang dirancang untuk topologi jaringan tertentu atau kegunaan tertentu. Berikut merupakan jenis-jenis kabel STP yang biasa digunakan di dalam jaringan internet:

  1. F/UTP (Foiled Unshielded Twisted Pair)

Memiliki lapisan pelindung atau foil yang melindungi keseluruhan kabel dan biasanya digunakan di dalam jaringan internet yang banyak sekali perangkat elektromagnetik

  1. S/FTP (Shielded Foiled Twisted Pair)

Setiap pasangan kabel atau warna kabel contohnya (putih orange – orange) akan dilindungi oleh pelindung kabel begitupun pasangan kabel lain.

  1. SF/UTP (Shielded Foiled Unshielded Twisted Pair)

Memiliki lapisan pelindung yang melindungi keseluruhan kabel tetapi tidak melindungi kabel yang berpasangan seperti jenis S/FTP. Kabel jenis ini biasanya digunakan di lingkungan dengan tingkat interferensi atau gangguan sedang.

  1. U/FTP (Unshielded Foiled Twisted Pair)

Jenis kabel ini akan melindungi pasangan kabel dengan pelindung atau foil, tetapi tidak ada pelindung di cangkang kabelnya. Kabel jenis ini biasanya digunakan pada lingkungan dengan gangguan yang minim.

Fungsi Kabel Stp

Kabel STP memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah:

  1. Mengurangi Interferensi

Foil atau pelindung yang dimiliki oleh kabel STP sangat efektif dalam mengurangi interferensi sinyal baik itu elektromagnetik, radio ataupun gangguan eksternal lainnya sehingga data yang dikirim akan tetap utuh dan pengirimannya stabil.

  1. Memperbaiki Kualitas Sinyal

Walaupun jalur kabel berada di area yang memiliki banyak gangguan. Dengan kabel STP sinyal yang terkirim akan tetap stabil dan juga kecepatan yang diberikan tidak akan berkurang.

  1. Tahan Di Berbagai Tempat

Kabel jenis STP cocok digunakan pada lingkungan yang memiliki banyak interferensi seperti pabrik, rumah sakit, bandara dan tempat umum lainnya.

Kelebihan Kabel Stp

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari kabel STP ini, Anda harus mengetahui juga apa kelebihan yang didapat dari kabel STP ini. Diantaranya:

  1. Sinyal Lebih Stabil:Dengan adanya foil atau pelindung di dalam kabelnya, akan membuat interferensi di sekitar kabel tersebut tidak mengganggu aliran data yang dikirimkan oleh kabel STP ini. Sehingga membuat koneksi yang dirasakan tetap stabil.
  2. Build Quality Kuat:Karena kabel dilapisi oleh pelindung, maka kabel ini tidak akan mudah rusak walaupun ditaruh di jalur yang riskan. Kabel STF 70% lebih aman daripada kabel UTP yang tidak memiliki foil atau pelindung di dalamnya.
  3. Jangkauan Lebih Panjang:Misalkan Anda memiliki kecepatan internet 10 Mbps dan jarak dari router ke komputer adalah 20 meter.

Walaupun jalur kabelnya melewati aliran listrik mesin, microwave atau perangkat elektronik lainnya, kecepatan yang dikirim akan tetap 10 Mbps.

Akan berbeda jika Anda menggunakan kabel UTP, besar kemungkinan akan terjadi penurunan data akibat interferensi yang dihasilkan di lingkungan kabel tersebut.

Bisa saja speednya berkurang ataupun kestabilannya yang berpengaruh.

Kekurangan Kabel Stp

Meskipun kabel STP memiliki banyak keunggulan daripada kabel UTP dan juga kabel internet lain, kabel ini pun memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui seperti:

  1. Harganya Yang Lebih Mahal

Untuk satu roll kabel STP dengan panjang 300 meter harganya bisa 600-700 ribu. Berbeda dengan kabel UTP harganya kisaran 400-500 ribu saja.

 

  1. Pemasangan Yang Lebih Rumit

Karena kabel STP memiliki pelindung, maka dalam pemasangan harus mengelupas dulu pelindungnya sebelum dimasukkan ke RJ45. Hal seperti itu membutuhkan waktu lebih lama ketika pemasangannya.

 

  1. Kaku dan tidak fleksibel

Walaupun kabel STP ini sangat kuat, namun akan sedikit kesulitan dalam penginstalan kabelnya. Itu dikarenakan  kabel yang kaku dan sulit untuk ditekuk.

 

  1. Memerlukan Grounding Yang Baik

Untuk memaksimalkan fungsi pelindung di dalam kabel STP, Anda harus memerlukan grounding yang baik. Jika tidak, efektivitas dari pelindung tersebut akan sedikit berkurang.

Kesimpulan

Kabel STP merupakan kabel yang paling tepat untuk lingkungan yang memiliki banyak gangguan elektromagnetik dan juga frekuensi radio seperti di pabrik, rumah sakit, bandara, atau tempat umum lainnya yang memerlukan akses internet cepat.

Walaupun harganya terbilang lebih mahal daripada kabel UTP, tapi dengan manfaat yang diberikan dan kenyamanan yang diterima, kami rasa investasi lebih tinggi untuk mencegah terjadinya gangguan dalam jaringan internet itu akan lebih baik.

Karena di lingkungan yang sangat banyak gangguan ataupun interferensi, penggunaan kabel STP akan sangat bermanfaat dalam menjaga kualitas internet baik dari kecepatan, kestabilan, ataupun transfer data yang optimal.

Walaupun pemasangannya agak rumit dan memerlukan waktu lebih, semuanya akan terbayar dengan kualitas yang diberikan.

Jadi jika masih merasa pakai kabel UTP tapi koneksinya sering tidak stabil ataupun putus-putus, segeralah migrasi ke kabel STP untuk merasakan perbedaannya.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!