InfoTutorial

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Hp Xiaomi

Cara mengatasi sinyal hilang di hp Xiaomi – Sinyal hilang atau jaringan tidak ada layanan pasti pernah Anda rasakan, dan sangat mengganggu.

Karena bukan tidak mungkin sinyal hilang saat ponsel sedang digunakan bertelefon atau sedang rapat menggunakan aplikasi yang membutuhkan jaringan.

Karena itu penulis akan membahasnya di artikel ini.

Mari simak habis ya.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan manufaktur produk pintar dan elektronik konsumen yang terutama berfokus pada smartphone dan perangkat keras pintar yang terhubung melalui platform IoT.

Produk produk brand asal Cina ini sudah merambah di Indonesia sejak lama, penjualan yang sangat masih adalah Handphone dari Xiaomi.

Bisa dibilang Xiaomi berhasil menjebol pasar hp di Indonesia karen harga yg diberikan sangat sangat terjangkau.

Masuk ke pembahasan kenapa sinyal bisa tiba tiba hilang mari kita bedah.

Sinyal Hilang

Jaringan ponsel sering kali hilang secara tiba tiba biasanya ini karena kegagalan sistem Android atau dari provider jaringan tersebut yang sedang mengalami gangguan.

Akan tetapi banyak temuan hal ini sering kali terjadi di hp Xiaomi, kenapa bisa begitu? sampai saat ini penulis pun belum mengetahui apa penyebab sebenarnya. Tapi ada beberapa faktor kenapa sinyal bisa tiba tiba hilang yaitu:

  • Masalah pada softaware
  • Masalah pada Hardware

Penulis akan menjabarkan sekaligus memberikan cara mengatasi sinyal yang hilang di hp Xiaomi Anda.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Hp Xiaomi

Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasi sinyal hilang di hp Xiaomi, mari simak baik baik.

1. Software

faktor pertama kenapa sinyal di hp Anda tiba tiba hilang karena software yang telah usang, indikasi software usang biasanya pada OS Android yang meminta update.

Walaupun kemungkinan ini kecil terjadi tapi hal ini juga mempengaruhi performa pada hp Anda yang tidak dapat beroperasi secara optimal.

2. Cek APN

Cek APN
Cek APN

APN adalah Access Point Name, mengapa ini penting? Tentu saja karena ini sebagai jembatan agar kartu Anda dapat terhubung ke operator seluler yang sesuai dengan kartu Anda.

Untuk mengeceknya Anda dapat mengikuti beberapa langkah ini:

  • Buka pengaturan
  • Masuk ke bagian SIM / Jaringan seluler
  • Pilih SIM 1 atau SIM 2 yang digunakan.
  • Pilih bagian nama titik akses
  • Di bagian nama titik akses klik titik 3 di pojok kanan atas lalu pilih reset APN

Anda bisa mengikuti langkah mesetting APN di artikel ini 

3. Restart HP

Cara ini paling simpel untuk digunakan, merestart hp dapat merefresh kembali hp Anda jika memang terjadi kegagalan sistem, setelah direstart diamkan dulu beberapa detik untuk menunggu apakah jaringan sudah muncul atau belum.

4. Mode Pesawat

Apa maksut dari mode pesawat ini? Mode pesawat ini bertujuan untuk mereset jaringan kartu Anda.

Dalam penggunaannya cukup mudah, cukup scroll kebawah bagian layar atas Anda, lalu cari gambar mode pesawat, diamkan dulu selama 15 detik.

Lalu nonaktifkan kembali mode pesawat Anda, tunggu hingga sinyal hp Anda benar benar muncul.

5. Cabut kartu SIM

Langkah terakhir ini merupakan cara terakhir yaitu cabut kartu SIM Anda dan pasang kembali, sistem kerjanya hampir sama dengan mode pesawat.

Tapi yang membedakan ini ialah mungkin saja kegagalan muncul nya jaringan telepon Anda bisa karena dari kartu SIM yang tidak pas pemasangannya atau tidak sesuai tempatnya, sehingga chip dari kartu tersebut tidak terbaca.

Sebagai catatan, jika semua cara diatas tidak dapat menyelesaikan masalah di hp Anda, kemungkinan ada hardware atau sperpart hp Anda yang telah rusak.

Gampangnya Anda harus membawa ke tukang service terdekat, karena jika sudah memasuki kerusakan pada hardware alangkah bijaknya untuk tidak membongkarnya secara mandiri agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Demikian cara megatasi sinyal hilang di hp Xiaomi, semoga dapat bermanfaat .

Semoga dapat memberikan solusi atas masalah di hp Anda.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!