InfoPulsa

Pulsa dan Kuota Terbuat Dari Apa? Pengertian Pulsa dan Kuota Internet

Pulsa dan Kuota Terbuat Dari Apa? Pengertian Pulsa dan Kuota Internet pada HP – Seiring hadirnya ponsel di industri elektronik membuat aksesoris pendukungnya pun mau tidak mau harus dihadirkan juga. Diantara banyaknya aksesoris pendukung HP, kita mungkin sudah sering dengar yang namanya pulsa dan kuota atau data internet. Tidak lengkap rasanya mempunyai ponsel namun tidak didukung oleh kedua variabel tersebut.

Walaupun kita sering mendengar dan membicarakan pulsa dan kuota dengan orang lain, namun apakah kita benar-benar mengetahui apa yang dimaksud dengan pulsa dan kuota itu? Bahkan, terkadang kita pun dibuat penasaran sebenarnya pulsa dan kuota terbuat dari apa? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut sudah dipaparkan secara lengkap melalui penjelasan di bawah.

Pengertian Pulsa

Menurut KBBI, pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon. Jika diartikan secara umum, pulsa memiliki arti sebagai media penghubung untuk sarana berkomunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh. Pulsa sebenarnya bukanlah kata yang benar untuk menyebut satuan perhitungan biaya telepon, kata yang benarnya adalah voucher.

Pada awal kemunculannya pertama kali, para provider operator seluler di Indonesia menggunakan istilah voucher isi ulang karena memang tujuannya untuk mengisi ulang kembali saldo kredit pada nomor yang kita gunakan. Namun, seiring waktu para provider mengubah istilah voucher menjadi pulsa. Mungkin tujuannya supaya lebih mudah diingat dan lebih familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Jenis-Jenis Pulsa Berdasarkan Fungsi

Pulsa sendiri memiliki jenis yang beragam berdasarkan fungsinya, tidak hanya berfungsi untuk ponsel saja melainkan ada macam jenis pulsa yang lainnya. Berikut adalah kategori pulsa berdasarkan fungsinya:

1. Pulsa telepon / handphone

Digunakan untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh lewat suara. Sesuai namanya, pulsa ini khusus digunakan oleh handphone saja. Untuk berkomunikasi, bisa dilakukan menggunakan jenis ponsel biasa, tidak harus smartphone atau ponsel pintar.

2. Pulsa SMS

Memiliki kegunaan untuk mengirim pesan teks berupa SMS. Nominal pulsa yang tersedia nantinya akan berkurang sesudah mengirimkan setiap pesan. Pulsa jenis ini mulai ditinggalkan oleh banyak orang karena ketinggalan zaman serta telah tergantikan oleh aplikasi perpesanan online yang menggunakan kuota, seperti WhatsApp.

3. Pulsa listrik

Yang satu ini agak sedikit berbeda dari dua sebelumnya karena pulsa jenis ini secara khusus digunakan untuk membayar tagihan listrik. Nantinya, pengguna harus top up pulsa terlebih dulu untuk menikmati layanan listrik PLN.

Jenis Pulsa Berdasarkan Bentuk Fisik

Jika kita lihat dari segi bentuknya, pulsa ini terbagi dalam 2 bentuk yakni voucher fisik dan pulsa elektrik atau voucher elektrik. Penjelasan keduanya secara lengkap dibahas di bawah:

1. Voucher fisik

Pulsa Voucher fisik adalah proses isi ulang yang bentuk fisiknya terlihat yakni berbentuk seperti kartu perdana ataupun voucher belanja. Di dalam voucher fisik, terdapat beberapa digit angka yang berguna untuk mengisi ulang pulsa nomor handphone.

2. Pulsa elektrik

Pulsa elektrik adalah pada saat isi ulang tidak ada bentuk fisiknya sehingga disebut elektrik. Isi ulang hanya dapat di top up oleh chip khusus keluaran provider, contohnya MKIOS dan MTRONIK. Bila kita melakukan pengisian ulang pulsa, maka akan langsung otomatis terisi sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Fungsi Pulsa HP

Pulsa sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini, tanpa adanya pulsa di handphone seperti ada yang kurang. Fungsi pulsa pada HP sendiri adalah untuk menelpon, mengirim SMS, serta di zaman sekarang kegunaan pulsa lebih kepada untuk membeli kuota internet, membeli aplikasi, dan lain sebagainya.

Untuk pertanyaan mengenai pulsa itu terbuat dari apa dan bentuk pulsa seperti apa, maka dapat dijawab berbentuk seperti sinyal listrik, sinyal optik, ataupun gelombang radio. Semua itu tergantung dari metode transmisi yang digunakan.

Pengertian Kuota Internet

Seiring berkembangnya zaman, sekarang tidak hanya pulsa melainkan ada pula yang namanya kuota. Kuota internet memiliki arti batasan pemakaian internet pada waktu tertentu. Kuota ini memiliki berbagai macam varian yang disesuaikan dengan nominal paket dan harga.

Varian-varian kuota internet HP yang biasanya disediakan oleh provider diantaranya kuota utama, kuota reguler, kuota malam, kuota aplikasi, kuota bonus, dan masih banyak lagi. Bahkan, sekarang kuota ada yang sifatnya unlimited alias tak terbatas. Pengguna bisa bebas memakainya tanpa harus mengkhawatirkan sisa kuota yang tersedia.

Jika Anda bertanya paket data internet ini terbuat dari apa, maka sebenarnya kuota tidak berwujud melainkan hanya sebagai sistem pembayaran elektronik. Sama halnya seperti uang elektronik bitcoin yang tidak memiliki bentuk fisik tetapi memiliki nilai atau nominal. Jadi, kesimpulannya pulsa dan kuota tidak ada wujudnya, jika diberi contoh mungkin seperti sinyal listrik, sinyal optik, ataupun gelombang radio.

Seperti itulah pembahasan mengenai pulsa dan kuota terbuat dari apa? pengertian pulsa dan kuota internet pada HP, semoga bisa menjawab semua pertanyaan Anda. Kalaupun ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan langsung melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!