Jaringan

Fungsi Modem, Jenis Modem dan Pengertian Modem

Fungsi Modem, Jenis Modem dan Pengertian Modem – Di era globalisasi, yang semakin maju dan dengan berbagai layanan untuk mengakses Internet di setiap sudut Indonesia, Anda harus sering mendengar nama “Modem”. Tools yang bisa dipergunakan untuk anda dalam mengakses layanan Internet disebut dengan modem.

Selain itu, pada era yang makin maju seperti saat ini, maka kebutuhan akan suatu barang merupakan faktor untuk mendukung pengembangan upaya untuk mencapai tujuan. Dengan adanya barang-barang yang merupakan kebutuhan dasar, hal ini memungkinkan kita untuk mencapai tujuan dan tidak terkecuali dengan kebutuhan akan alat-alat kecil, tetapi sangat membantu bisnis kita, seperti modem.

Dengan modem tentunya dapat mempengaruhi kinerja orang yang memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan akses Internet, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Berikut ini pengertian dari modem.

Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan Demodulator Modulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa dan siap dikirim, sedangkan demodulator adalah bagian/segmen modem sebagai pemisah sebuah sinyal informasi yang berisikan sebuah data atau pesan dari sinyal pembawa yang memang-memang benar diterima untuk kemudian itu bisa diterima dengan benar. Modem adalah kombinasi keduanya, yang berarti modem adalah alat komunikasi dua arah.

Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah pada umumnya memang akan menggunakan beberapa bagian yang disebut “modem”, seperti halnya sebuah VSAT, radio microwave, dan lain sebagainya., namun secara umum istilah modem sendiri lebih dikenal sebagai perangkat keras, yang sering digunakan untuk komunikasi pada beberapa atau sebuah komputer.

Data yang berasal dari sebuah atau beberapa komputer dalam bentuk sinyal digital dikirim ke modem sehingga menjadi sinyal analog, ketika sebuah modem tersebut menerima data dari luar dalam bentuk sinyal analog, modem mengubahnya lagi menjadi sinyal digital sehingga komputer dapat terus memprosesnya. Sinyal analog bisa dikirim melalui berbagai alat telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Ketika data tersebut tiba di modem tujuan, sinyal analog diubah kembali menjadi sinyal digital dan dikirim ke komputer. Ada dua jenis modem fisik, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Baca Juga
5 Modem MiFi 4G Terbaik dan Tercepat 2019

Jenis Modem

  1. Modem External

Modem eksternal adalah perangkat yang digunakan untuk komputer untuk mengakses Internet yang mana data tersebut yang berasal dari komputer dalam bentuk sinyal digital akan dikonversi menjadi sebuah sinyal analog. Jadi jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog, akan menjadi sinyal digital dan kemudian diproses oleh komputer. Sinyal analog ini kemudian bisa dikirim melalui media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Modem eksternal merupakan perangkat modem yang bertempat di luar perangkat CPU utama. Modem ini dipisahkan dari PC dan dihubungkan oleh kabel LAN dan kabel USB, tergantung pada jenis modem.

  1. Modem internal

Modem internal adalah perangkat jaringan yang terletak pada kartu ekspansi yang terhubung ke motherboard. Lain halnya seperti modem eksternal, modem internal tidak terdapat sebuah lampu indikator untuk memberi tahu pengguna tentang fungsi atau keadaan modem yang berubah. Sebagai gantinya, pengguna harus mengandalkan perangkat lunak yang kompatibel dengan modem internal mereka. Modem internal atau yang biasa disebut dengan “Modem on-board”.

Jika data sampai di modem tujuan, sinyal analog ini akan dikonversi kembali menjadi sinyal digital dan dikirim langsung ke komputer.

  1. Modem ISDN

Modem ISDN yang merupakan sebuah singkatan dari Integrated Services Digital Network, definisinya adalah sistem telekomunikasi yang terkandung di dalam sebuah layanan dalam bentuk suara, data maupun sebuah gambar yang bisa kemudian untuk diintegrasikan pada sebuah jaringan, yang mana jaringan ini menyediakan sebuah konektivitas data digital ujung ke ujung untuk mendukung berbagai macam layanan. .

  1. Modem GSM

Modem GSM merupakan jenis modem yang menggunakan ponsel sebagai sistem media untuk transfer dari sebuah data. Modem GSM yang disebut umumnya sudah mendukung dengan mempergunakan sebuah kartu koneksi yang memiliki properti GSM.

  1. Modem Analog

Jika dilihat memang seperti namanya, fungsi dari sebuah modem analog ini adalah sebagai alat untuk dapat membentuk sinyal analog dan kemudian mengubahnya menjadi sebuah sinyal digital.

  1. Modem ADSL

Modem ADSL adalah sebuah modem dari singkatan Asymetric Digital Subscribe Line yang merupakan sebuah alat untuk mengakses jaringan internet dan mempergunakan telepon analog secara bersama-sama. Ketika metode penggunaannya sendiri telah dibantu menggunakan perangkat koneksi yang disebut dengan Splitter. Fungsi pembagi (splitter) dalam ADSL adalah untuk dapat anda menghilangkan akan adanya sebuah gangguan sehingga hasilnya dapat dieksekusi secara bersama-sama, yang dapat mempergunakan jaringan Internet dan juga dapat mempergunakan telepon yang biasa. Tapi mereka tidak akan saling bertabrakan.

  1. Modem kabel

Modem kabel merupakan jenis modem yang dipergunakan untuk anda dapat menerima data langsung dari penyedia layanan dengan menggunakan sebuah televisi kabel.

  1. Modem nirkabel (wireless)

Nirkabel atau nama lainnya adalah wireless merupakan sebuah teknologi dengan menghubungkan dua perangkat untuk dapat anda bertukar data tanpa menggunakan sarana kabel. Cara kerja modem nirkabel, data tersebut kemudian dapat dipertukarkan melalui media gelombang cahaya layaknya teknologi inframerah pada remote control TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth di komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

  1. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan jenis modem yang mempergunakan sebuah frekuensi 800 MHz CDMA atau CDMA 1x. Bahkan modem CDMA yang paling baru saat ini telah mempergunakan sebuah frekuensi EVDO Rev-A atau setara 3G dan yang paling baru yang tengah dikembangkan adalah modem CDMA menggunakan frekuensi EVDO Rev-B.

Baca Juga
Rekomendasi 5 Access Point Outdoor Jarak Jauh Terbaik

Fungsi Modem

Secara umum, fungsi modem seperti perangkat keras yang sangat berguna untuk mengubah komunikasi dua arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan juga sebaliknya. Fungsi modern yang lainnya ialah:

  • Konverter sinyal digital ke sinyal analog.
  • Hubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan kegiatan seperti modulasi dan demodulasi.
  • Lakukan pemeriksaan pada paket data dan komunikasi.
  • Kompres data yang dikirim melalui sinyal.

Demikian adalah definisi dari modem fungsi modem, dan jenis modem yang terdapat pada jaringan yang dapat penulis uraikan semoga saja dapat bermanfaat.

Tags

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button