JaringanTutorial

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot – Para pengguna Indihome sudah tidak asing lagi terhadap gangguan internet yang kerap kali mengganggu.

Jika kendala yang dialami karena hal teknis seperti ada kerusakan terhadap perangkat, router, kabel fiber itu tidak masalah dan tentunya kamu juga tidak bisa untuk mengatasinya.

Tapi kalau jika perangkat baik baik saja dan internet kamu dirasa melambat itu timbul pertanyaan. Dimana masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Nah di artikel kali ini pulsaseluler.com akan coba memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah WiFi Indihome lemot.

Simak sampai habis.

Penyebab Indihome Lemot

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang mencari cara untuk mengatasi WiFi Indihome yang tiba tiba lemot, tapi sebelum masuk kesana kamu juga perlu mengetahui kenapa bisa jadi lemot.

Ada banyak faktor penyebab internet kamu lemot, berikut ini penyebab internet lemot :

1. Kecepatan Internet

Indihome miliki paket kecepatan internet yang beragam, mulai dari 10Mbps hingga 100Mbps nah pastikan kecepatan internet kamu yang mana.

Mengapa ini penting? karena dari kecepatan yang kamu pakai disana ada kapasitas rekomendasi perangkat yang terhubung agar kecepatan Internet bisa maksimal, jika kamu pakai 10Mbps tapi penggunaan perangkat sampai 10 perangkat pantas saja internet kamu lemot. Itu bisa jadi penyebab kenapa internet kamu lemot.

2. Jaringan Indihome

Permasalah ini biasa terjadi pada provider karena banyak faktor, bisa cuaca yang buruk, server eror, hingga kabel yang putus menjadi urusan teknis petugas lapangan.

Setidaknya kamu sebagai pengguna bisa melaporkan gangguan yang ada melalui aplikasi myIndihome.

3. Batas Wajar Pemakaian

FUP (fair usage policy) juga mempengaruhi kecepatan internet kamu, pembatasan kecepatan ini kerap tidak disadari oleh pemilik WiFi dalam hal ini pengguna Indihome.

Karena asyik scroll tiktok dan nonton youtube sampai lupa tidak mengecek berapa pemakaian kuota dibulan ini sampai sampai terkena FUP. Kamu bisa mengecek FUP melalui aplikasi MyIndihome.

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Setelah kamu mengerti faktor yang menyebabkan internet lemot, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya agar jika kita dihadapi dengan situasi tersebut.

1. Restart Router

cara pertama yang bisa kamu lakukakan adalah merestart modem atau router Indihome kamu, mungkin saja router kamu terlalu panas, karena beroperasi secara terus menerus.

Dengan restart router bisa merefresh modem kamu agar bisa bekerja optimal.

2. Pembatasan Kecepatan

Kamu bisa membatasi kecepatan per user atau per perangkat yang tersambung agar terbagi merata hingga kecepatan internet kamu bisa terkontrol dengan baik juga tidak cepat terkena FUP

3. Penempatan Modem

Pastikan modem atau router WiFi kamu berada ditempat yang lapang tanpa terhalang tembok atau apapun di jangkauan tertentu. Tembok juga mempengaruhi kualitas internet yang masuk ke perangkat, WiFi tidak bisa bekerja optimal jika jaringan internet yang masuk tersendat sendat.

4. WiFi Extender

Kamu bisa tambahkan Wifi extender untuk area yang jangkauan jaringannya sedikit atau sulit, extender ini berguna sebagai repeater untuk memperkuat jaringan internet.

Contoh tempat yang sulit terjangkau biasanya bagian dapur hingga belakang rumah. Karena biasanya modem WiFi berada di ruang tamu.

5. Menambah Paket Kecepatan Internet

Cara terakhir jika tetap lemot kamu bisa menaikan paket internet kamu, karena semua cara tidak akan bisa mengatasi permasalahan jika kecepatan kamu memang diatas batas penggunaan perangkat yang disarankan oleh Indihome.

Untuk kecepatan yang ideal sampai 10 perangkat menurut pulsaseluler.com kamu bisa pakai 40-50 Mbps itu sudah sangat cukup untuk kebutuh 10 perangkat hingga 1 bulan.

Kesimpulan

Indihome menawarkan kecepatan internet yang beragam mulai dari 10-100Mbps jika hanya untuk mengatasi permasalahan internet dirumah kamu, pilihlah kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan sampai kamu hanya mengambil 10Mbps tapi digunakan sampai 10 perangkat, karena itu bisa memperlambat internet kamu, sehingga kecepatan internet yang kamu rasakan tidak maksimal.

Alangkah baiknya jika kita membayar lebih perbulan untuk menjaga kenyamanan kita saat menggunakan internet jangan sampai kenyamanan internet terganggu hanya karena kamu ingin menghemat biaya pengluaran internet.

Sekian artikel kali ini, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!