InfoJaringanTutorial

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android – Masalah yang seringkali ditemui pada ponsel android adalah kartu SIM tiba tiba tidak terbaca atau tiba tiba sinyal hilang dengan keterangan tidak ada layanan.

Dimana hal ini membuat kita tidak dapat mengirim pesan apalagi menerima panggilan telepon.

Solusinya simak terus artikel ini sampai selesai.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah sambungkan hp ke jaringan WiFi untuk menemukan artikel ini.

Penyebab Kartu SIM tidak terbaca di Android

Bukan tanpa alasan SIM yang Anda gunakan tidak bisa terdeteksi di Android, selain karena kartu bergeser dari posisinya ada juga beberapa hal yang menjadi alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

Ini dia deretan penyebab kartu SIM tidak bisa terbaca di Andorid:

1. Kartu SIM sudah lewat dari usia penggunaan

Setiap benda yang Anda gunakan tentu akan memiliki usia penggunaan termasuk Kartu SIM.

Biasanya penggunaan Kartu SIM yang sudah memiliki umur 3 tahun, bahkan ada yang penggunaanya lebih dari 3 tahun, maka material plastik serta kuningan akan terdegradasi sehingga kurang layak untuk digunakan dan tidak bisa terbaca di hp.

Jika kondisi tersebut Anda biarkan terus menerus hingga semakin parah, maka akan menyebabkan kartu SIM tidak akan bisa terdeteksi di Hp.

2. Kuningan pada Kartu SIM rusak

Kuningan pada SIM Card merupakan komponen yang sangat penting untuk dapat terbaca oleh smartphone.

Kuningan pada SIM Card memiliki fungsi sebagai penyimpanan data-data pengguna.

Jika kuningan pada Kartu SIM rusak akibat terlalu banyak tergesek juga bisa menjadi penyebab utama Kartu tidak bisa terbaca.

3. Kartu SIM Panas

Pastikan posisi kartu SIM yang di dalam Smartphone berada di area yang tidak rawan panas, karena jika SIM Card Anda panas, maka dapat menyebabkan SIM rusak dan tidak dapat terbaca di smartphone.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Android

Berikut ini tips mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca di Android, Anda bisa ikut beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Restart perangkat

Coba mulai ulang perngkat Anda, tujuannya untuk merefresh semua aplikasi serta kondisi handphone agar sistem memulai ulang semua dengan baik.

2. Coba cabut kartu

Langkah ke dua jika dengan memulai ulang perngkat belum mengatasi masalah kartu SIM, coba cabut kartu SIM Anda lalu masukan kembali. Tunggu hingga 30 detik sampai benar benar loading mencari jaringan selesai.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Berikutnya jika belum berhasil juga, coba aktifkan mode pesawat lalu nonaktifkan kembali agar jaringan sistem hp tersetart.

4. Perbarui APN

Coba perbarui APN atau ganti APN. Nama Titik Akses (APN) membantu memberikan semua detail yang diperlukan agar ponsel Android Anda terhubung ke Data Seluler.

Anda dapat mengikuti cara penggantian APN ini dengan panduan berdasarkan kartu yang Anda pakai pilih APN .

5. Perbarui Android

Masuk pengaturan, lalu buka tentang ponsel cek apakah ada permberitahuan untuk memperbarui OS Android Anda. Jika ada silahkan perbarui untuk mengatasi masalah jaringan ini.

Penyebab utama kegagalan sistem adalah karna OS yang telah usang dan tidak segera diperbarui.

6. Masa Aktif

Jika semua cara diatas tidak mengatasi masalah Anda coba ingat ingat kembali kapan terakhir Anda membeli pulsa, atau mengisi masa aktif kartu tersebut.

Karena jika yang bermasalah kartu SIM nya mau pakai cara apapun tidak mungkin bisa untuk mengatasinya selain mengganti kartu dengan yang baru.

Jika Anda punya banyak waktu bisa langsung ke gerai layanan kartu Anda untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati.

Kesimpulan

Kasus lain yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca adalah karena kerusakan slot SIM Card di smartphone.

Akan tetapi jangan terburu buru untuk memberikan hp Anda ke tukang service, karena kerusakan slot bisa diidentifikasi dengan memeriksa jika kartu SIM tidak terbaca namun di smartphone lain bisa terbaca, maka slot SIM Card di ponsel Anda rusak.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!