Indosat OoredooInfo

Cara Cek Bantuan Kuota Indosat Dari Pemerintah

Cara Cek Bantuan Kuota Indosat Dari Pemerintah – Pandemi virus corona telah merubah cara hidup kita selama ini. Sekarang ini semua kegiatan yang membuat kerumunan orang banyak terpaksa ditiadakan.

Termasuk dalam hal ini adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi semuanya meniadakan belajar secara tatap muka langsung.

Sebagai gantinya kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan pelajar dan pengajar dilakukan secara daring atau online melalui internet dengan aplikasi seperti zoom atau google meet.

Kegiatan belajar dari rumah saja ini sudah dilaksanakan sejak maret saat awal virus covid-19 ini mulai masuk ke Indonesia hingga saat ini.

Tentunya kegiatan belajar mengajar ini tidak dalam kondisi yang mulus-mulus saja, ada kendala dari pelajar maupun pengajar. Salah satu kendala yang sering dikeluhkan adalah kuota internet.

Dengan belajar via daring ini semuanya jadi butuh akses internet dan ini memakan kuota internet yang cukup banyak. Apalagi tidak semua orang punya wifi atau akses internet unlimited masih sebagian besar menggunakan kuota.

Untuk meringan beban ini baik dari segi pelajar maupun pengajar pemerintah Indonesia memberikan bantuan insentifnya berupa bantuan kuota internet gratis untuk belajar yang diberikan setiap bulannya.

Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk meringankan beban pelajar dan pengajar Indonesia mengingat tidak semua dari kita punya uang lebih untuk membeli kuota.

Buat teman-teman yang belum tahu atau belum mendapatkan kuota bantuan pemerintah ini, anda cukup mendaftar dengan cara mengisikan nomor HP pada sistem informasi di kampus anda.

Kalau dikampus saya mengisi bisa via website atau aplikasi kampus saya dan secara otomatis pihak kampus/sekolah akan mendaftarkan nomor anda ke penerima bantuan subsidi kuota belajar ini.

Nantinya anda akan mendapatkan sms pemberitahuan mengenai konfirmasi penerimaan kuota ini. Jadi kalau teman-teman belum dapat bisa tanyakan ke pihak sekolah/sistem informasi sekolah anda masing-masing.

Tapi pada kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengecek bantuan kuota dari pemerintah untuk provider Indosat Ooredo, jadi biar teman-teman bisa tahu apakah kuota bantuan yang diberikan sudah masuk atau belum. Berikut pembahasannya.

Cara Mengecek Bantuan Kuota Indosat Dari Pemerintah

Berdasarkan informasi yang saya ambil dari situs website resmi Indosat Ooredoo untuk mengecek kuota bantuan belajar anda bisa melalui dial *123*075# atau melalui aplikasi myIM3.

Menariknya jika anda cek kuota belajar Indosat di aplikasi myIM3 ini teman-teman mendapatkan hadiah voucher belaja yang diberikan dari Indosai dengan menjawab kuis yang berisi soal-soal pelajar namanya ‘Kuis Pintar’ so bisa anda coba manfaatkan benefit yang ditawarkan.

Kembali ke topik pembicarannya, disini kalau teman-teman belum tahu besaran bantuan paket internet kuota belajar gratis yang diberikan pemerintah adalah sebagai berikut:

  • 20 GB untuk PAUD dibagi dengan 5 GB kuota internet & 15 GB kuota belajar
  • 35 GB untuk Siswa (SD,SMP sederajat, SMA sederajat) dibagi dengan 5 GB kuota internet & 30 GB kuota belajar
  • 42 GB untuk Guru dibagi dengan 5 GB kuota internet & 37 GB kuota belajar
  • 50 GB untuk Mahasiswa & Dosen 5 GB kuota internet & 45 GB kuota belajar

Untuk masa aktif paket internet bantuan kuota pemerintah ini adalah 30 hari.

Dan perlu teman-teman ketahui bantuan subsidi kuota belajar ini diberikan tidak hanya untuk sekolah negeri, jadi buat teman-teman swasta tidak perlu khawatir tidak mendapatkan bantuan kuota ini. Selama sekolah tersebut terdaftar di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan/Kemendikbud maka anda akan tetap mendapatkannya.

Keterangan: Untuk kuota internet teman-teman bisa manfaatkan untuk mengakses apapun di internet seperti halnya kuota utama paket internet biasanya. Sedangkan kuota belajar hanya bisa untuk mengakses aplikasi & website tertentu yang memang ditujukan untuk belajar.

Aplikasi ataupun website yang bisa diakses dengan kuota belajar Indosat seperti: zoom, google meet, google classroom, ruang guru, zenius, quipper, udemy, duolingo, edmodo, aplikasi whatsapp, website penguruan tinggi, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Total ada 249 web/aplikasi belajar yang bisa anda akses dengan kuota belajar dan tentunya akan terus bertambah seiring waktu. Bisa di cek disini: daftar aplikasi & website kuota belajar indosat.

Untuk saat ini program bantuan kuota ini rencananya baru diberikan untuk 4 bulan saja dan mungkin saja akan bertambah lama tergantung dengan situasi dan kondisi. Berikut tanggal pemberian kuota bantuan belajar dari pemerintah setiap bulannya:

  • September 22-24 & 28-30
  • Oktober 22-24 & 28-30
  • November 22-24 & 28-30
  • Desember diinject bersamaan dengan proses dibulan November

Harapannya dengan adanya bantuan subsidi kuota belajar dari pemerintah ini para murid atau pelajar atau mahasiswa bisa belajar dengan maksimal tanpa ada halangan kehabisan kuota atau tidak punya kuota.

Guru atau Dosen pengajar pun diberikan kuota bantuan gratis yang tidak kalah besarnya dengan pelajar harapanya juga agar pengajar bisa maksimal dalam kegiatan mengajar daring ini.

Walaupun sulit dan ada banyak sekali halangan dan rintangan dalam belajar online ini tapi perlu kita ingat ini semua dilakukan dalam rangka pencegah penyebaran virus covid-19 dengan meminimal kontak fisik satu sama lain.

Pendidikan memang penting tapi lebih penting lagi kesehatan diri kita. So dinikmati saja proses pembelajaran online ini apalagi pemerintah kita sudah turun tangan meringan beban melalui pemberian bantuan kuota belajar. Silakan dimanfaatkan dengan baik.

Sekian tutorial dari saya tentang cara untuk mengecek bantuan kuota belajar Indosat dari pemerintah. Semoga bisa bermanfaat.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!