InfoTekno

Pengertian eSIM, Fungsi eSIM dan Kelebihan eSim

Pengertian eSIM, Fungsi eSIM dan Kelebihan eSim – Sebagai pengguna handphone jaman dulu dan smartphone jaman sekarang anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Kartu SIM. Kartu sim (Subscriber Identity Module) sendiri berupa kartu kecil yang kita beli dan taruh agar ponsel kita bisa berkomunikasi baik dengan sms, telepon atau mengakses internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman. Apalagi dengan perkembangan smartphone yang cukup pesat saat ini. Kartu SIM pun mengalami pengembangan teknologi. Baru-baru ini ada yang namanya eSIM di Indonesia.

Teknologi eSIM di Indonesia tergolong masih baru tapi bisa dikatakan akan menjadi masa depan dan mengantikan kartu nomor SIM konvensional.

Sekarang ini sendiri mulai banyak brand smartphone menggunakan teknologi eSIm seperti Google dengan Pixel dan Apple dengan Iphone X dan seri diatasnya.

Kedepan bukan hanya smarphone kelas atas atau flagship yang akan menggunakan teknologi eSIM ini. Tinggal menunggu waktu berjalan maka eSIM ini akan sepenuh menggantikan kartu SIM.

Jadi sebenarnya apa sih eSIM itu?

Pengertian eSIM

eSIM atau Embedded SIM atau bisa kita sebut Elektronik sim merupakan sistem kartu sim tanpa perlu memasang kartu sim secara fisik di smartphone. Karena teknologi yang ada di kartu SIM fisik sudah ditanamkan di dalam sebuah mesin/motherboard smartphone. Berupa chip kecil sebagai authentifikasi idenditas anda dengan provider operator jaringan.

Jadi teman-teman cukup melakukan registrasi kartu sim tanpa perlu memasukan kartu sim dismartphone anda. Anda bisa berganti-ganti nomor dan provider anda tanpa perlu colok dan menganti kartu sim lama dengan yang baru.

Fungsi dari eSIM

Secara fungsi eSIM ini sama seperti kartu SIM yang biasa gunakan. Sebagai alat pengenal telekomunikasi agar anda bisa melakukan sms, telepon, dan akses ke internet.

Hanya saja eSIM tanpa bentuk fisik. Jadi mesin kartu SIM ini sudah ditanamkan di dalam sebuah smartphone anda cukup mendaftarkan smartphone anda ke provider yang mendukung eSIM. Sampai saat ini baru Smartfren yang mendukung eSIM di Indonesia.

Kita tahu sendiri perubahan kartu sim dari Kartu SIM yang berukuran besar di perkecil ke Micro SIM lalu di perkecil lagi jadi nano sim (yang sering digunakan smartphone saat ini) dan sekarang kartu sim ini menjadi hilang tidak dalam bentuk fisik lagi.

Semuanya diperkecil mengikuti perkembangan teknologi smartphone yang sekarang ini di mana smartphone di rancang setipis mungkin dan memaksimalkan ruang yang ada untuk hal lain seperti kapasitas baterai yang lebih besar.

eSIM ini walau belum banyak smarphone dan provider yang support di Indonesia tapi saya yakin kedepan perlahan eSIM ini akan mengantikan kartu sim konvensional karena banyak sekali benefit dan kelebihan yang diberikan.

Kelebihan eSIM

Karena ketiadaan kartu sim fisik membawa banyak benefit baik dari segi produsen smartphone, pengguna smartphone atau provider kartu jaringan yang menggunakan teknologi eSIM. Berikut kelebihan dari eSIM itu sendiri:

  1. Dari segi pengguna yang langsung anda rasakan manfaatnya menggunakan eSIM ini adalah kemudahan anda dalam bertukar atau berganti-ganti operator dari satu operator ke operator lainnya. Jika menggunakan kartu sim fisik maka anda perlu membeli kartu dan memasukan kartu sim fisik ke smartphone. Dengan eSIM pergantian kartu SIM bisa dilakukan dengan cepat dan seamless. Anda bisa mengganti kartu SIM anda tanpa perlu keluar rumah, bisa melakukan pembelian online, dan registrasi pada saat itu juga tanpa perlu menunggu lagi.
  2. Dukungan Dual SIM, mendukung banyak nomor dan bisa beralih dengan mudah. eSIM jaminan bagi smartphone anda mendukung untuk dual SIM. Walau sekarang ini produsen smartphone masih belum 100% menggunakan teknologi eSIM, seperti Google Pixel dan Iphone X yang masih menggunakan kartu SIM untuk SIM 1 dan eSIM untuk SIM2 sebagai awal perkenalan eSIM. Kedepan ketika sudah menggunakan 100% teknologi eSIM ini mendukung dual SIM juga dan anda bisa mempunyai banyak nomor/provider yang bisa mana sistemnya bisa seperti login dan logout akun, anda bisa beralih ke nomor satu ke satunya dengan sangat mudah.
  3. Smartphone jadi lebih tipis. Dengan mengurangi ruang yang biasa digunakan untuk slot kartu SIM, selain bisa membuat smartphone lebih tipis juga bisa digunakan untuk hal lain seperti menambah kapasitas baterai. Kita tahu sendiri smartphone jaman sekarang selain lebih tipis juga berlomba-lomba memberikan kapasitas baterai yang lebih besar.
  4. Smartphone jadi lebih tahan air. Dengan tidak adanya slot SIM itu artinya mengurangi celah yang ada di smartphone, membuat smartphone lebih tahan setidaknya cipratan air, dan mungkin dengan diterapkan eSIM smartphone dengan sertifikasi anti air jadi hal yang murah dan bisa dicapai smartphone mid to entri level.

Selain untuk smartphone, berkat adanya teknologi eSIM perangkat wearalable kecil seperti smartwatch juga bisa ditanamkan eSIM. Jadi anda bisa menggunakan fungsi seperti sms, telepon, dan internet di perangkat kecil lainnya.

Bahkan ada Microsoft sendiri dengan Windows 10 sudah mendukung dan compatible dengan eSIM jadi akan ada laptop dengan kartu SIM didalamnya anda tidak perlu modem eksternal lagi untuk akses internet karena laptop anda terhubung dengan provider telekomunikasi.

Kedepan akan banyak sekali perangkat pintar lainnya yang memanfaat teknologi eSIM. Dan juga makin banyak lagi provider di Indonesia yang mendukung eSIM.

Sekian pembahasan dari saya mengenai apa itu pengertian eSIM, fungsi atau kegunaan dari eSIM serta kelebihan dari eSIM itu sendiri. Semoga bisa bermanfaat.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button