Info

Kegunaan dan Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Internet dan Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Internet saat ini sudah banyak digunakan hampir di segala bidang kehidupan. Di berbagai organisasi, perusahaan, Lembaga pendidikan, pemerintahan hingga perseorangan sudah memanfaatkan internet dengan berbagai tujuan, seperti untuk belajar, mencari informasi, berbisnis, berkomunikasi, hingga menikmati liburan.

Semakin berkembangnya teknologi, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan menggunakan elektronik, karenanya dikenal berbagai istilah seperti e-dictionary, e-laboratory, e-commerce, e-learning, e-education, dan lain sebagainya.

Lalu apa manfaat internet dan kegunaan internet bagi masyarakat? Berikut ini kegunaan dan manfaat internet untuk kehidupan sehari-hari :

1. Media Untuk Mendapatkan Informasi

Internet telah menyediakan berbagai informasi tanpa batas sesuai kemajuan teknologi, militer, pendidikan, dan lain sebagainya. Sebagai pelajar, Anda bisa menggunakan internet sebagai sarana untuk belajar. Dengan perangkat komputer yang sudah terkoneksi internet, Anda bisa mempelajari semua mata pelajaran di sekolah, mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Kimia, dan lain sebagainya. Belajar menggunakan media elektronik ini biasa dikenal dengan istilah e-learning. Anda bisa membaca, latihan, mendengar penjelasan dan mengerjakan soal-soal langsung di perangkat komputer.

2. Media Komunikasi Murah

Internet tak hanya menyediakan informasi saja, tetapi juga bisa menjadi sarana komunikasi. Memanfaatkan Internet Relay Chat atau IRC, para pengguna internet bisa berkomunikasi memakai keyboard lewat aplikasi messaging, baik MSN Messenger, mIRC, Yahoo Messenger, dan sebagainya. Bahkan jika perangkat komputer Anda telah dilengkapi kamera, video card, speaker, sound card, dan lainnya sebagai peralatan pendukung, dengan demikian Anda bisa melakukan telekonferensi. Internet juga bahkan bisa dipakai sebagai pengganti faximile.

3. Sebagai Sarana Promosi

Bagi pemilik usaha, Anda bisa menawarkan produknya lewat internet sehingga informasinya bisa langsung tersebar dengan cepat hingga ke seluruh Indonesia dan dunia. Selain itu, ada juga orang yang berpenghasilan besar lewat bisnis penjualan informasi di media internet. Bahkan peluang tersebut sering digunakan pihak pemerintah dalam memperkenalkan tempat-tempat pariwisata melalui internet.

4. Mencari Beasiswa dan Lowongan Kerja

Kita tentu sudah tahu bahwa ada banyak aktivitas penawaran atau lowongan kerja online di internet. Manfaat internet yang satu ini tentu sudah sangat dirasakan dan bisa dinikmati pencari kerja ataupun perusahaan-perusahaan tertentu yang sedang mencari calon karyawan. Di samping itu, internet juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mencari beasiswa khususnya bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya.

5. Belanja Online

Belanja online merupakan salah satu aktivitas favorit yang sudah lama digeluti masyarakat Indonesia. Kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan dengan mudah tanpa harus pergi ke toko-toko atau ke supermarket. Sesudah terjadi kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual, dan sudah dilakukan pembayaran, barang pun siap dikirimkan ke alamat tujuan. Untuk transaksi pembelian dilakukan lewat internet secara langsung, sementara uangnya langsung ditransfer via kartu kredit ataupun via bank.

6. Media Hiburan

Selain sebagai media informasi maupun bisnis, internet juga menjadi salah satu media hiburan paling praktis yang dapat kita manfaatkan, Seperti membaca cerpen, membaca novel, chatting, live streaming youtube, bermain game, menonton film, dan sebagainya.

7. Membentuk Kelompok Diskusi

Sebagaimana masyarakat pada umumnya, mungkin kita sering menemukan kelompok profesi yang bertujuan untuk berbagi informasi. Selain itu, hal tersebut juga terjadi bagi para pengguna internet, karenanya terbentuk kelompok bisnis atau diskusi yang memungkinkan Anda untuk bergabung di forum tertentu, seperti di forum Kaskus, Fanspage, forum tanya jawab mata pelajaran seperti Brainly dan lain sebagainya.

8. Memperluas Wawasan

Bagi para pelajar dan mahasiswa seperti SD, SMP dan SMA. Melalui internet ini, siswa pelajar dan mahasiswa dapat mencari informasi materi belajar, lho! Bahkan bisa juga untuk mencari buku di internet melalui google books. Bisa dibilang, sekarang ini internet menjadi media informasi terlengkap dan terupdate dibandingkan dengan buku atau perpustakaan. Tentu saja hal ini akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa contoh umum manfaat dan kegunaan internet untuk kehidupan sehari-hari dan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!