JaringanTekno

Pengertian, Fungsi, Contoh, Kelebihan dari MAN

Man Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, Kelebihan Dan Kekurangannya – Metropolitan Area Network (MAN) adalah tulang punggung komunikasi di banyak kota besar, memungkinkan berbagai organisasi untuk terhubung dalam satu jaringan yang luas.

Dengan cakupan yang lebih besar dari LAN dan lebih terfokus dari WAN, MAN memainkan peran penting dalam dunia yang semakin mengandalkan data dan informasi.

Apa Itu MAN Dalam Jaringan Internet?

Metropotitan Area Network atau biasa di singkat MAN adalah salah satu model dari jaringan internet yang mana berfokus dalam menggabungkan beberapa jaringan agar dapat saling berkomunikasi walaupun berbeda daerah atau tempat.

MAN dapat mengirimkan data seperti video, audio ataupun file data dengan kecepatan yang tinggi tanpa menghawatirkan data tiba-tiba corrupt atau rusak.

Tujuan utama sistem jaringan MAN adalah menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN untuk saling berkomunikasi dan berbagi data. Bahkan bisa menyediakan akses internet untuk mereka yang membutuhkan.

MAN biasanya mencakup wilayah geografis dengan batasan 5-50KM. Tidak seperti jaringan WAN yang dapat menghubungkan ke seluruh dunia.

MAN secara khusus dibuat untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi agar penggunanya dapat berinternet ke tempat atau wilayah tertentu yang ingin di sasar.

Namun peralatan atau hardware yang digunakan cukup mahal dan membutuhkan keahlian tertentu untuk memasangnya.

Implementasi Jaringan Man Di Kehidupan Sehari-Hari

Karena jangkauan jaringan MAN yang bisa dibilang “menengah” lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN untuk lingkup coveragenya, yang mana tidak lebih dari 50 kilometers.

Mungkin Anda sering melihatnya secara langsung namun tidak menyadarinya, seperti:

  • Jaringan MAN antar universitas: sebut saja Binus yang merupakan suatu universitas tapi punya banyak cabang di daerah-daerah tertentu.
    Untuk saling bertukar data, berkomunikasi dan lain hal. Penggunaan jaringan MAN akan sangat membantu kesehariannya.
  • Jaringan MAN antar rumah sakit
  • Jaringan MAN antar bandara
  • Jaringan MAN antar stasiun
  • Jaringan MAN antar mall
  • Dan masih banyak lagi

Fungsi Jaringan Man Yang Perlu Diketahui

MAN akan sangat bermanfaat untuk menunjang kebutuhan orang-orang di wilayah metropolitan.

Beberapa instansi swasta, organisasi, pebisnis akan sangat terbantu dengan ini. Berikut beberapa fungsi utama dari jaringan MAN:

  • Akses internet cepat

MAN dapat digunakan untuk menyediakan layanan internet kepada penggunanya di wilayah tertentu yang sudah tercover oleh pembuat jaringan MAN ini.

Penyedia layanan internet seperti CBN, Telkom, Biznet dan ISP lain adalah contoh dari pemilik jaringan MAN di Indonesia.

  • Koneksi untuk personal dan bisnis

MAN Menyediakan infrastruktur untuk semua kalangan yang berlanggan. Seperti internet unlimited, internet dedicated, channel TV, telepon kabel dan lain-lain.

Itu juga merupakan layanan yang diberikan dengan penerapan teknologi MAN.

  • Pertukaran informasi yang aman

Beberapa instansi atau organisasi atingn besar menggunakan jaringan MAN untuk bertukar atau berbagi informasi agar aman dan tidak membutuhkan biaya besar serta bisa di cek secara real-time.

Contohnya mudahnya adalah BPJS yang pusatnya di Jakarta tapi punya beberapa cabang di daerah seperti Bogor, Banding dan lain-lain.

Ketika kita daftar di cabang Bogor, maka data kita akan terbaca di kantor BPJS lainnya.

Sehingga ating Anda sedang berada di Makassar misalnya, Anda bisa ating ke Cabang makasar untuk urus-urus karena datanya dapat diakses dari sana.

  • Terhubung walau berbeda tempat

Ini lanjutan dari poin no 3, yang mana dengan jaringan MAN memungkinkan organisasi atau instansi yang lokasinya terpisah di kota atau daerah tertentu dapat terhubung secara langsung.

Dan memudahkan dalam pertukaran data atau berbagi informasi antara kantor cabang dengan kantor pusat.

  • Layanan Telekomunikasi

Penyedia layanan telekomunikasi atau bias akita sebut ISP dapat menyediakan layanan berupa internet, TV kabel dan juga telepon untuk bisa digunakan oleh penggunanya.

Karena harganya yang bervariasi, pengguna bisa mementukan sesuai kebutuhan dan sumber daya yang diperlukan.

Kelebihan Jaringan Man

  • Kecepatan internet tinggi dan bisa disesuaikan -> Anda bisa menyesuaikan kecepatan internet yang dibutuhkan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan atau jumlah orang yang akan memakainya. Layanan yang 30 Mbps, 50 Mbps atau lebih itu bisa dipilih sesuai kebutuhannya apa.
  • Keamanan yang cukup ketat -> Berbeda dengan Jaringan LAN, ketika anda pasang kabel ke Router/Switch bisa langsung terhubung.
    Tapi di Jaringan MAN tidak seperti itu, karena semua perangkat pendukung jaringan MAN hanya bisa diakses oleh penyedia jaringannya saja.
  • Layanan terpusat -> Demi keamanan sistem jaringan MAN, hanya orang-orang tertentu yang bisa konfigurasi perangkat jaringan MAN ini. Bahkan pegawai di Perusahaan yang sama tidak dapat akses.

Kalau kamu pernah berlangganan internet pasti sering melihat teknisi yang pasang nunggu lama padahal proses pasangnya sudah selesai, itu karena mereka tidak punya akses untuk mengaktifkan jaringannya.

Hanya orang pusat di department tertentu yang bisa mengaktifkan atau menonaktifkan koneksi internet di tempat kita.

Kekurangan Jaringan Man

  • Struktur jaringan yang rumit: Tidak seperti jaringan LAN yang menggunakan kabel UTP atau koneksi wireless sudah bisa terhubung, tapi di jaringan MAN itu sangat rumit dan susah untuk pemasangannya apalagi untuk orang awam.
  • Harga hardware mahal: inilah kenapa sangat sedikit orang yang berbisnis ISP di Indonesia, karena untuk menyediakan layanan MAN ini sangat mahal dan tidak bisa dilakukan sendiri.
    1 Slicer Fiber Optic saja harganya sudah 10 juta, belum peralatan lain yang dibutuhkan atau sewa server dan lainnya.
  • Jaringan MAN hanya bisa dioperasikan oleh orang berpengalaman: Tidak semua orang bisa menjalankan sistem dari jaringan MAN ini, bahkan beda tempat beda cara kerjanya.
    Misalkan di ISP A dia pakai Windows Server dan di ISP B pakai Linux Server.
    Walaupun sesama pakai server tapi cara pengoperasiannya berbeda. Bahkan sertifikasinya pun berbeda.

Kesimpulan

Jaringan MAN adalah jaringan yang cukup luas karena bisa menghubungkan beberapa instansi atau organisasi yang memiliki kantor cabang tapi tetap bisa berhubungan dan bertukar informasi.

Cakupan geografisnya pun cukup luas, 5-50 kilometer dan bisa dihubungkan lewat antena point to point atau kabel fiber optic.

Walaupun tidak seluas WAN dan tidak sesempit LAN untuk area coveragenya, Jaringan MAN ini dapat membantu anda terhubung dengan koneksi internet yang disediakannya.

Jadi tidak hanya berbagi data saja, anda bisa menggunakan internet sebagai nilai tambah jika menggunakan jasa dari ISP yang telah membuat jaringan MAN ke tempat terpencil agar bisa melihat dunia luar.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!