InfoJaringan

Cara Berlangganan Starlink Di Indonesia

Cara berlangganan Starlink di Indonesia – Kamu pasti sudah mendengar kabar terbaru di dunia jaringan internet, ya munculnya Starlink yang digadang gadang bakal menjadi internet paling kebut dan fleksibel.

Kenapa fleksibel? karena keunggulan dari perangkat Starlink bisa dibawa kemana mana, untuk mengaktifkannya kamu hanya perlu membutuhkan listrik untuk menghidupkannya.

Meskipun biaya paket dan peralatan lebih mahal dibandingkan dengan koneksi kabel, optik, atau 5G, Starlink mampu menyediakan layanan Wi-Fi di banyak area yang sulit dijangkau oleh koneksi tradisional, termasuk lokasi bergerak seperti perahu, gunung, hutan, dan kamp.

Mendengar Starlink identik dengan Elon Musk. Elon Musk terkenal karena ikut mendirikan SpaceX, Tesla, The Boring Company, Neuralink, dan OpenAI.

Dengan pendapatan mencapai US$240 miliar (menurut Forbes pada 2022) dia dianggap sebagai orang terkaya di dunia menurut Bloomberg Biilionaires Index dan Forbes.

Cara Berlangganan Starlink

Cara untuk berlangganan layanan internet Starlink sangat mudah. Berikut ini adalah informasi pendaftarannya yang dikutip dari laman Business Insider.

  • Kunjungi situs web Starlink.
  • Masukkan email dan alamat untuk mengetahui ketersediaan layanan di areamu.
  • Lihat perkiraan waktu layanan Starlink akan tersedia di lokasi kamu.
  • Bayar deposit sebesar $99 atau Rp.1.551.305 yang akan dikurangi dari biaya bulanan sebesar $99, biaya perangkat sebesar $499 atau sekitar Rp.7.819.205, dan biaya pengiriman.

Harga Paket Internet Starlink

Berbeda dengan layanan internet tradisional yang menggunakan kabel optik, Starlink menggunakan satelit untuk memancarkan sinyal internet.

Hal ini memungkinkan Starlink untuk menjangkau wilayah yang belum tersentuh infrastruktur internet kabel.

Paket Residensial

Paket Residensial yang Cocok untuk Keluarga menawarkan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas. Paket layanan bulanan ini dipatok dengan harga:

  • Standar: Rp 750.000 per bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000.

Paket Jelajah

Paket Jelajah dari Internet Starlink menawarkan fitur utama berupa kuota mobile tanpa batas di pedalaman, portabilitas, serta jeda layanan kurang dari 10 mph saat bepergian atau dalam kondisi bergerak.

Cocok dipasang di karavan untuk kelompok yang tidak menetap atau nomad, dengan paket layanan meliputi

  • Mobile regional: Rp 990.000 per bulan
  • Mobile global: Rp 6.995.480 per bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000

Paket Kapal

Paket Kapal yang diklaim cocok untuk maritim, tanggap darurat, maupun bisnis mobile atau bergerak menawarkan semua fitur layanan global untuk penggunaan bepergian dan berlayar.

Dengan prioritas jaringan dan dukungan prioritas, berikut adalah biaya berlangganannya:

  • Prioritas mobile-50 GB (gigabita): Rp 4.345.000 per bulan
  • Prioritas mobile-1 TB (terabita): Rp 17.160.000 per bulan
  • Prioritas mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan
  • Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590

Paket Lokasi Tetap

Paket Lokasi Tetap adalah layanan internet Starlink yang ditujukan khusus bagi bisnis dan pengguna dengan permintaan tinggi. Layanan ini memiliki fitur utama termasuk kuota standar tanpa batas, IP publik, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas.

Berikut adalah rincian harga berlangganan untuk Paket Lokasi Tetap dari internet Starlink:

  • Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000 per bulan
  • Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000 per bulan
  • Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000 per bulan
  • Prioritas-6 TB: Rp 12.320.000 per bulan
  • Perangkat keras standar: Rp 7.800.000

Paket Mobilitas Darat

Starlink menghadirkan Paket Mobilitas Darat, solusi internet revolusioner bagi Anda yang bergerak di bidang maritim, tanggap darurat, dan bisnis mobile.

Paket ini menawarkan berbagai fitur unggulan untuk menunjang kebutuhan konektivitas internet Anda di mana pun Anda berada.

    • Prioritas Mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan
    • Prioritas Mobile-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan
    • Prioritas Mobile-5 TB: Rp 86.130.000 per bulan
    • Perangkat keras performa tinggi flat: Rp 43.721.590

Keunggulan Menggunakan Starlink

Dikutip dari laman USA Today, layanan Starlink memberikan beberapa keuntungan berikut ini.

1. Ketersediaan Luas

Starlink tersedia di hampir 100% wilayah Amerika Serikat dan juga memberikan layanan di semua benua.

Hal ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh penyedia internet tradisional.

Bahkan, Starlink dapat menyediakan layanan internet di lokasi-lokasi yang terus berpindah seperti perahu dan kamp.

2. Layanan Internet Tanpa Batas

Starlink adalah penyedia internet satelit pertama yang menawarkan layanan internet rumah tanpa batas. Artinya, pelanggan bisa menggunakan internet sepuasnya tanpa ada batasan kuota.

3. Kecepatan Internet yang Tinggi

Pengguna Starlink dapat menikmati kecepatan unduh antara 25 hingga 220 Mbps, dengan mayoritas pengguna mengalami kecepatan di atas 100 Mbps.

Kecepatan unggah berkisar antara 5 hingga 20 Mbps, dan latensi antara 25 hingga 50 ms di daratan, serta 100+ ms di perairan terbuka.

Kecepatan ini cukup untuk streaming, panggilan video, bermain game online, dan penggunaan internet rumah tangga lainnya.

4. Pilihan Paket yang Fleksibel

Starlink menawarkan berbagai paket langganan internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ada paket untuk lokasi statis dengan data standar tanpa batas dan layanan prioritas untuk pengguna yang membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi yang konsisten.

Selain itu, ada paket internet mobile yang cocok untuk rumah mobil, RV, dan perahu dengan data tanpa batas dan pilihan data prioritas.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi di bidang internet sudah sangat pesat, Starlink sebuah gebrakan baru sebagai alternatif jaringan internet yang tidak menggunakan kabel optik.

Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, pilih paket internet yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Sekian artikel kali ini, semoga informasi ini bermanfaat.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker (Pemblokir Iklan) di Browser Anda!