Smartfren

Cara Daftar dan Aktivasi eSIM Smartfren Di iPhone

Cara Daftar eSIM Smartfren dan Cara Aktivasi eSIM di iPhone – eSIM merupakan teknologi pengembangan dari kartu SIM Konvensional dimana kita bisa menggunakan teknologi jaringan provider kita tanpa perlu memasukan kartu SIM fisik ke dalam sebuah smartphone.

Anda bisa dengan mudah membeli nomor baru dan mendaftarkan nomor tersebut di smartphone anda. Anda tidak perlu menunggu paket kartu sim datang lalu memasukan kartu simnya. Anda bisa melakukan registrasi dengan mudah dan cepat dengan eSIM.

Teknologi eSIM ini masih tergolong baru (2018) untuk sekarang ini baru beberapa smartphone kelas atas atau flagship yang mengimplementasikan teknologi ini, salah satunya adalah iPhone.

iPhone sendiri sudah sejak seri iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR dan iPhone terbaru saat ini (iPhone 12 series) menggunakan teknologi eSIM ini untuk SIM keduanya. Jadi iPhone sendiri masih menggunakan kartu sim (nano sim) pada SIM 1 dan SIM 2 menggunakan eSIM.

Jadi buat teman-teman pengguna iphone XS keatas untuk bisa memanfaatkan dual SIM yang diberikan perlu menggunakan eSIM ini. Teman-teman tidak bisa memasukan kartu SIM kedua karena eSIM ini tidak ada slot fisik hanya perlu dilakukan registrasi dan aktivasi.

Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mendaftarkan dan aktivasi eSIM Smartfren di iPhone kalian.

Cara Daftar dan Aktivasi eSIM Smartfren Di iPhone

Perlu teman-teman ketahui untuk saat ini saat artikel ini ditulis baru dan hanya Smartfren satu-satunya provider telekomunikasi di Indonesia yang mendukung teknologi eSIM. 

Tapi anda tidak perlu kecewa smartfrn sendiri juga termasuk provider favorit saya karena harga paket internet yang ditawarkan sangat kompetitif dan dukungan sinyal yang cukup baik dan stabill di tempat saya. 

Yang perlu anda lakukan untuk mengaktifkan eSIM di SIM kedua iPhone kalian adalah sebagai berikut:

  1. Membeli atau mendapatkan eSIM Smartfren yang bisa teman-teman beli di galeri smartfren, konter-konter pulsa terdekat atau membeli secara online melalui ecommerce.
  2. Buka kemasannya anda akan menemukan kode QR yang perlu anda lakukan scan atau pemindaian. Kalau anda beli online anda akan diberikan kode QRnya secara langsung.
  3. Kita masuk ke iPhone teman-teman pastikan tersambung ke internet atau wifi.
  4. Buka menu Settings.
  5. Pilih dan menu Cellular.
  6. Lalu pada bagian celuler plans anda pilih Add Celullar Plan.
  7. Akan muncul kamera untuk menscan kode QR. Silakan scan kode barcode yang ada dikemasan smartfren eSIM yang sudah anda beli sebelumnya.
  8. Bila scan sukses akan ada notifikasi pesan “A Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to iPhone”.
  9. Lalu silakan tekan tombol Add Selular Plan.

Sampai disini anda sudah berhasil menggunakan eSIM Smartfren di iPhone anda. Selanjutnya anda tinggal registrasi nomor smartfren anda seperti biasanya bisa dengan SMS, browser atau aplikasi mySF.

Teman-teman bisa mengatur eSIM di SIM kedua ini untuk pilihan utama untuk melakukan panggilan, sms atau koneksi internet seperti biasanya. 

Hal lain yang perlu anda ketahui bagi anda pengguna eSIM Smartfren ini:

  1. Penting untuk menyimpan kemasan eSIM Smartfren atau setidaknya anda sudah mengambil foto kode QR untuk disimpan nantinya. Karena profile eSIM ini bisa saja tidak sengaja terlogout maka anda perlu menscan ulang kode QR eSIM anda. Ibarat kata kode QR ini sama seperti kartu SIM anda kalau hilang akan menjadi susah (anda perlu ke galeri smartfren untuk mengurus gantinya).
  2. Kode QR eSIm ini hanya dapat digunakan satu perangkat saja. Walau kelihatannya enak tinggal scan dan pakai tidak perlu memasukan kartu SIM akan tetapi kode QR ini hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja alias tidak bisa digunakan di dua perangkat sekaligus. Ketika anda sudah meregistrasi eSIM Smartfren di satu device maka anda tidak bisa memindahkannya juga.
  3. Untuk bisa memindahkan profile eSIM dari perangkat satu ke perangkat lain anda perlu mengurus proses migrasi ini di galeri smartfreen terdekat untuk mendapatkan kode QR baru.

Untuk harga eSIM Smartfren sendiri bervariasi karena termasuk bundling paket internet jadi tergantung bundling paket internet yang anda beli, secara harga sama seperti paket-paket di kartu sim smartfren yang biasa. Jadi anda tidak perlu khawatir tarif menjadi lebih mahal dengan menggunakan eSIM (semua sama).

Itu dia pembahasan tentang cara untuk mendaftarkan eSIM Smartfren lengkap dengan cara aktivasinya di iPhone, semoga bisa beramnfaat.

Pulsa Seluler

PulsaSeluler.com adalah penyedia jasa jual beli pulsa online terpercaya, paket internet, voucher game, top up saldo dana, ovo, gopay, token listrik harga murah bisa bayar via paypal dan bank transfer buka 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Untuk melanjutkan membaca Artikel ini, Silahkan matikan AdBlocker di Browser Anda!